Kenapa Gaji itu Rahasia ?

Sebagian orang masih punya prinsip penghasilan 'salary' itu adalah rahasia individu. okelah, mungkin kali ini akan sedikit terbuka, aku sedikit bingung kenapa itu menjadi hal yang bersifat confidential 'rahasia'. padahal kalau penghasilan anda adalah hasil keringat jerih payah anda yang telah bisa membantu banyak orang, tak memalak, dan halal, kenapa kita malu?, bukankah kita harusnya bangga bisa membantu banyak orang dan bisa memotivasi orang untuk ikut membantu sesama. kalau ada orang melihat kita dari sisi negatif untuk pamer yya dia nya saja yang negatif thinking, apakah hidup ini indah dengan bernegatif thinking kepada sesama? coba kita ber-berpositif thinking, maka kita harusnya termotivasi gimana caranya agar kita juga bisa membantu banyak orang seperti mereka yang punya banyak penghasilan.

sebenarnya penghasilan kecil atau besar tak lah menjadi masalah. adalah salah ketika anda menilai orang hanya dari penghasilan kecil/besar, harusnya tanyakan kembali apakah penghasilan kecil terus anda bahagia ? apakah dengan penghasilan besar anda bahagia ? apakah penghasilan anda habis untuk membantu orang ? atau penghasilan anda hanya buat anda sendiri ?
quotes umumnya seperti ini : semakin tinggi penghasilan maka semakin tinggi pula pengeluaran, semakin kecil penghasilan semakin kecil pengeluaran nya. anda mau mendapat pengeluaran besar ? dapatkan dulu penghasilan yang besar! caranya ? bantulah orang banyak!
ketika kita bisa membantu khalayak ramai maka penghasilan kita akan meningkat. ketika kita hanya tidur bermalas2an tak banyak membantu orang maka penghasilan akan kecil. jadi untuk mendapatkan penghasilan besar itu gampang, bantulah orang banyak! ketika kita bisa membantu banyak orang, maka penghasilan tinggi akan datang dengan sendiri nya!


kedewasaan masyarakat kita memang sangatlah penting, dalam hal ini sikap seperti apa yang direspon oleh masing-masing individu. Cemburu, merasa tak cukup, tamak, serakah, takut hidup miskin, takut dipandang rendah dst. Masalah seperti itu harusnya bisa kita hadapi jika kita termasuk orang yang berilmu dan beriman.

kembali ke topik, menurut teman apakah gaji penghasilan seseorang itu rahasia ?
mungkin teman bisa sharing merincikan kebutuhan hidup dari hasil keringat usahanya,
tahun 2012 hidup di jakarta baru cukup dengan penghasilan 4 juta. bagaimana sekarang ? minimal 6 juta baru bisa mencukupi kebutuhan 1 orang sigle seperti ku !
berikut adalah penghasilan yang belum bisa membantu banyak orang
kredit motor : 2,1 jt
biaya kuliah s2 : 1,3 jt
kosan : 500 rb
transportasi : 300rb
makan-minum : 1,3 jt
keluarga, tabungan : 500 rb
dll : 500 rb
harus lebih giat lagi membantu orang!


membantu orang
mengutip beberapa artikel online agniluthfi,
terkait saling cemburu nya antar karyawan diposisi yang sama dan dibajaknya karyawan oleh PT lain, maka harusnya perusahaan punya kebijakan seperti ini .
"Sebagian besar perusahaan memiliki fix pay dan variable pay. Kenapa tidak kita buat fix pay rahasia dan variable pay terbuka bagi karyawan?
Fix pay didapatkan berdasarkan beban kerja dan tanggung jawab suatu jabatan dan ini bisa berbeda meskipun selevel. Contoh di sebuah perusahaan tambang, posisi mine engineer pasti memiliki fix pay yang lebih besar dibandingkan posisi external affair officer misalkan meskipun keduanya diisi oleh karyawan fresh graduate. Contoh lain adalah dua karyawan baru yang mengisi posisi yang sama tetapi karyawan yang satu sudah memiliki pengalaman 2 tahun, fix pay nya pasti beda.
Variable pay merupakan bayaran yang tidak pasti setiap bulannya dan biasanya bergantung pada kinerja karyawan. Nah, variable pay ini bisa kita buka kepada karyawan jumlahnya dan sistemnya. Jadi karyawan bisa melihat kenapa rekan selevelnya bisa mendapatkan bonus yang lebih tinggi dari dirinya dan itu bisa menjadi motivasi karena sepertinya variable pay tidak terlalu mendasar seperti fix pay/gaji pokok."
trus kita harus bagaimana jika ada yang selevel dengan kita lebih tinggi gajinya dibanding kita? jangan sirik. jangan cuma punya penghasilan dari satu lubang saja. gali lubang lain, sambilan, nyambi :D

sekian..

0 comments:

Post a Comment