CBR 150 Susah Oper Gigi

Tepat 2 bulan yang lalu 7 september aku memesan inden all new honda cbr 150 2015 made in indonesia, sambil nunggu turunya plat nomor sering keliling komplek manasin motor, gak ada masalah yang berarti. tepat tanggal 17 september aku di hubungi sales motor honda untuk mengambil unit new cbr 150. kaget, panik sekaligus senang karena motor yang tadinya dijanjikan sebulan malah datang kurang dari 2 minggu dan wow.. sales meminta memaksa aku untuk segera mengambil unit nya ke dealer sedangkan aku masih diluar kota.emang ga bisa apa diparkir dulu sebentar di dealer ? katanya dealer penuh jadi harus segera diambil :(. dan terpaksa pada weekend nya langsung pulang ke ciputat tangsel untuk diantarkan unitnya. sebenarnya bisa saja dikirimkan ke keluarga tapi ini motor gede akan susah dan ribet buat mereka nampung urus parkir rumah yang semakin sempit karena mobil apv yang banyak makan space, belum lagi urusan ttd surat-surat.

cbr 150 made in indonesia lokal
Cbr 150 Black Speedy

Hmm... di janjikan sales motor nya akan datang dalam tempo 1 bulan, nyatanya datang dalam tempo 2 minggu. SIPP! next, sekarang nunggu stnk nya agar bisa menjajal jalan raya macet jakarta :D. aku juga dijanjikan 1 bulan dan hal yang sama kejadian dimana stnk selesai 2 minggu dari 1 bulan yang dijanjikan tp kali ini aku gak dipaksa kan untuk segera mengambilnya ke dealer :D hhehe. kesel juga yya dikerjai sama sales.. dijanjikan 1 bulan datangnya malah 2 minggu. hehe

Setelah stnk aku ambil maka saatnya menjajal jalan raya jakarta macet dengan cbr. hmm.. realy nice bike to ride, tidak pegel walaupun jalan jauh 2 jam ke bekasi sekalipun. mantapp! untuk kelas 150 cc ini motor juozz benerr. setelah sempat di perbandingan komparasi yamaha r15 vs CBR 150 Lokal, paling terasa yang pertama pasti r15 agak nungging. bakal capek klo perjalanan 2jam lebih. beruntung lah anda pengguna cbr150. yang kedua tangkinya coyy.. cbr150 tangki gedenya enak banget buat ngerebahin sambil belok klo r15 tangkinyaa agak kecilan dan rendah. bahkan tangki cbr150 ngalahin nyamannya tangki r25 menurut aku. wow.. terakhir tanduknya coyy.. berfungsi banget ketika mau diparkirin ditempat yang sempit. cbr150 emang mantap ! (y)

eitsss.. tunggu dulu,, keluhan kekurangan cbr 150 cc pun datang. yups,, kopling susah di netralin! gilee.. ini motor harga 30jt susah dinetralin, ciyus? malu coyy di lampu merah orang bisa nyantai kita malah nyari gigi Netral x_x, akhirnya terpaksa mendem kopling selama 2 menit. ahh.. mau diservice ntar malah hilang garansi service 1000km pertama. minggu minggu berikutnya nemu solusi sementara, yya solusi sementara agar cbr 150 cc mudah di netralin nya adalah ketika jalan dan kira2 mau berhenti karena lampu merah, maka oper gigi perlahan 300-200 meter sebelum benar2 berhenti. nah kalo udah jalan pelan2 sekitar 200m baru lancar untuk di Netral kan. huhh..akhirnya ga malu2in di lampu merah. xixi

solusi lain memperbaiki motor cbr 150 susah oper gigi netral adalah :
1. setel kopling
2. pastikan rantai tak kendor
3. ganti oli yang bagus
4. harus lebih mengenal karakter motor nya, mau dinetralin pakek perasaan. hehe

dan berikut adalah beberapa kekurangan new CBR150R 2015 
1. no cut engine
2. no pas beam
3. lampu sein depan kepanjangan kesamping susah masuk ke kolong2 mobil dlm kemacetan.
4. ga pakek swing arm, kurang begaya..
5. tengah mesin keliatan bolong, keliatan kurang gede mesinnya.
6. injakan rem warna itam udah luntur aja. jgn2 bs cepat aus..
7. ga ada pengganjal karet di tangki dekat tempat duduk, jadi klo perjalanan lama bisa cepat panas selangkangan kita tp rata2 motor sport gini sih,, di cb650f ada karetnya, keren..
tapi melihat harganya, maka 7 kekurangan itu masih bisa di lupakan lah dengan kenyamanan lainnya.. : )


walaupun masalah kopling ini hanya kejadian pada sebagian kecil motor cbr 150 lokal tapi hal seperti ini patut untuk dievaluasi oleh AHM. kelebihan new cbr 150 Lokal ? tunggu postingan berikutnya coyy.

Update : Setelah service pertama, setel kopling masalah kopling selesai. performa cbr150 lokal luar biasa. as expected!

btw ini motor mirip banget sama kakaknya.


cbr 1000 repsol fireblade mark marquez.
cbr 1000 repsol fireblade mark marquez







18 comments:

  1. sm bro, cbrku jg gt. cuma cbrku skrg kek ada suara aneh d bagian mesin kl mesin udah panas, ada kek suara klotok gt, mmg se blm bgt terasa keras. padahal perjalanan aj masi 60.5km, stnk ma plat blm siap baru 20 nov 2014 kmrn dtgny... rencana mau klaim k ahass, kecewa se gak cuma g enak d dengar ma pkran aj...

    ReplyDelete
  2. Menurutku untuk CBR buatan AHM/lokal masih banyak perlu perbaikan dalam memproduksi,performa nya masih banyak kekurangan.kebetulan aku pakai yg Buildup Thailand thn 2013,dari segi kecepatan dan kwalitas masih beda dengan yg buildup thailand.

    ReplyDelete
  3. saya pake oli motul 5100 10w40 kopling terasa mudah lembut dan bisa dioper, mungkin oli harus yang encer gan

    ReplyDelete
  4. saya pake oli motul 5100 10w40 kopling terasa mudah lembut dan bisa dioper, mungkin oli harus yang encer gan

    ReplyDelete
  5. Iya bro betul banget susah banget dinetralin giginya

    ReplyDelete
  6. Wah.. sama nih penyakitnya... susah di netralin, n satu lagi, 2 mingguan sih enak aja oper2 gigi, hari ini super keras, ampe malu di liatin org d jalanan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy sih uda kapok make cbr penyakit nya kebanyaka motor baru 7bln penyakit nya langasam ga bisa kecil kopling harus jauh oper gigi susah.

      Delete
  7. saya kapok punya cbr 150 langasam nya kekencengan oper gigi keras kampas kopling uda di ganti yang bagus masih aja hasil nambah parah kilo meter masi 1300 pemakean 7bln

    ReplyDelete
  8. Iyee Mas bro.. Nice sharing motor k45 ane juga dulu pernah keras oper gigi, susah netral. Ane bawa ke AHASS jawaban mekanik AHASS enak banget "ITU EMANG BAWAAN K45 KAYAK GITU BOS". Ane males banget bayar mahal2 servis cuma dikasih jawaban gitu doang, penyakit gak kelar. Eh tetangga ane ada yang profesinya mekanik balap di Sentul jadi doi ngerti soal motor2 sport. Distel koplingnya, Beuuhh Ajibb lagi tu motor, ngaciirr.. Saran doi emang pake oli yang bagusan jangan sembarangan..!!

    ReplyDelete
  9. punya sy baru 2 bulan,,performanya bagus hanya kalah saat tanjakan tinggi, putaran bwh juga tidak bagus perpindah gigi 1 ke 2 agak kasar saat Rpm tinggi,, Untuk diNetralin pake perasaan ,pake Oli SPX-1

    ReplyDelete
  10. CBR ane aman2 aja tuh. tahun 2015, gigi gampang opernya dan ga da bunyi aneh di mesin, saran ane pake oli yg enceran bro, enak lari jg oper giginya ga kasar,

    #sekedar sharing aja.

    ReplyDelete
  11. alhamdulilah motor ane cbr 150 r lokal k45( Repsol) tahun 2014 , sampe sekarang mantaaap aja bawaan nya ,,,, oli nya coy jangan yang macem2 spx1 dan jangan lupa pertamax ya,,,, pengaruh banget tuh ama motor cbr ente

    ReplyDelete
  12. CBR ane getar coy kira kira apanya ya.?jadi klo buat jalan baru 15 menit tangan dh kesemutan karena getaran stangnya.......

    ReplyDelete
  13. Klo mo netral, main gas aj, gas sekali biar netralnya mudah,,, coba deh,,,,

    ReplyDelete
  14. Sama bro CBR Sy ada bunyi klotok2, kasar banget,ggnya jg keras susah netral...ada mekanik yg bisa nanganin nggk ya,...didaerah jaktim

    ReplyDelete
  15. bro new cbr150r ane koq tiap jalan beberapa meter mati sendiri trus di start jalan trus beberapa meter mati lagi gejalanya seperti mau kehabisan bensin tapi bensin ane masih full, mohon bantuan bro barangkali ada yang tau tak bawa ke bengkel honda mekaniknya gak bisa padahal motor baru beli masih 2 bulan, trim

    ReplyDelete