Cara Mengatasi Crash Dumping Memory Blue Screen

         Apa sobat pernah mengalami hal seperti ini “mendapatkan pesan seperti gambar dibawah”? sering orang menyebutnya ini blue screen ataukah sobat belum pernah, kalau belum pernah juga perlu dibaca, siapa tau nanti kejadian, jadi bisa langsung nge resolved tanpa harus buka ihsan weblog lagi. hehe
IMG-20130529-01329
pesan error nya adalah :
A problem has been detected and windows has been shut down to prevent to you computer. Modification of system code or a critical data structure was detected.
Aku kaget blue screen seperti ini muncul untuk pertama kali di layar laptopku. tapi aku cuek begitu saja. mengganggap hal ini biasa., padahal laptop sebelumnya juga pernah”sering” seperti ini, tapi problemnya bukanlah pada crash damn memory seperti sekarang, tp lebih ke hardware harddisk yang rusak. itu yang akan terjadi jika kita sering cuek dengan blue screen error ini.
..jreengg jreenngg… tenyata keesokan harinya setelah blue screen yang pertama muncul lagi blue screen ini saat dikantor. wahh ini bahaya kalo dibiarkan saja. Menurut pengalaman dilaptop lama jika dibiarkan saja bisa mengakibatkan harddisk rusak. untuk mengatasi ini sebenarnya telah ada pesan yang disampaikan microsoft yaitu : “check to make sure any new hardware or software is properly installed” , karena cuek bebek terkadang kita masa bodoh sama pesan ini dan langsung aja jalani lagi laptop kita sampai sering2 kejadian seperti ini baru dehh ke tukang service.huhu.. dulu sih guwe banget. tapi sekarang sudah ngak’., sudah lebih aware sama yang ginian. To The Point Pleaseee..hehe
ok. here the way to Resolved :

1. buka Control panel
2. pilih uninstall a program
3. Sort by Date dengan cara mengklik kolom “Installed On”, jika kolom ini tidak ada, coba rubah dulu chage your view ke pilihan Detail.
4. nahh akan terlihat program terakhir sobat install. itu dia pembawa masalah. program yang baru sobat install ini bisa jadi tidak support ataupun corrupt sehingga membuat dumping memory dan blue screen di laptop sobat. langkah berikutnya adalah Uninstall program yang baru terinstall.
5. restart komputer laptop sobat setelah meng unistall kemudian step berikutnya adalahhhh…
6. install CCleaner yang bisa dapat di download di filehippo.com
7. jalankankan ccleaner . Analyze dan Run Cleaner
8. kemudian ke tab Registry. scan for issue and fix all issue. sebelum fix issue biasa akan ada permintaan backup registry siapa tau ada masalah setelah’a maka registry bisa di restore, ini sangat jarang terjadi. sebenarnya ada atau tidak ada blue screen aplikasi satu ini harunya tetap menjadi kewajiban bagi si laptop sobat.hhe
9. Restart komputer laptop sobat.
10. DONE!!!

TIPS
berikut tips tambahan untuk mengurangi resiko terjadi nya crash dump memory :
 * Sobat harus sering menjalankan disk clean up
 * Sobat harus sering menjalankan disk defragmeter.

* alternatife untuk menjalankan defrag dan clean up tersebut, sobat bisa mengistall aplikasi CCleaner dan Tune Up Utilities.
jangan ada benturan jika laptop dalam keadaan menyala. karena akan merusak harddisk "bad sector". kalau berpergian dan butuh waktu cepat untuk menghidupkannya kembali. maka pilihlah menu hibernate. JANGAN sleep. dan ketika akan hibernate pastikan laptu harddisk mati dulu baru tutup layar laptop.


       hurrayy .. setelah jalankan step itu pasti komputer laptop sobat akan hilang dari blue screen .. jika ada kendala sobat bisa sampaikan melalu kommen box dibawah, dan kalaupun masih muncul sobat bisa kasih info “koment” dibawah postingan ini.
tunggu tips berikutnya cara mempercepat kinerja komputer laptop dan mendeteksi virus tanpa harus menginstall antivirus :).

tags : cara menghilangkan blue screen di laptop, blue screen . crash dump memory.

40 comments:

  1. bang kalo cara ngetahui progaram yang corrupt sama nggak, tu gmn

    ReplyDelete
  2. ane program terakhir abis update driver ..masa mesti di hapus...

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih atas Tips dan Informasi nya Gan, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Makasih gan, dapet pahala banyak lu bro. Laptopku bru ada masalah blue screen, thanks infonya

    ReplyDelete
  5. aduh yg terakhir update driver gan..mesti dhapus pa gmna nih

    ReplyDelete
  6. Gmana mo buka kontrol panel gan, bru dihdupkn udh blue screen. Gmna nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bluescreen diawal coba masuk via windows safe mode, caranya klik f8 berulang ketika start power on /restart..

      Delete
  7. Saya juga blue screen gan. Tapi pas blue screen itu gabisa loading. Jadi ttp blue screen aja. Gabisa di pencet apa2 juga gan. Itu gimana ya solusinya? Plisss banget response

    ReplyDelete
    Replies
    1. yya coba diperbaiki ketika windows bisa dijalankan normal, setelah itu coba pastikan apakah ada prgoram yg baru terinstall yg bisa menyebabkan bluescreen..kalau bluescreen diawal coba masuk via windows safe mode, caranya klik f8 berulang ketika restart..

      Delete
  8. Permisi gan ini sama kasus dengan laptop saya. Sebenernya udah sering dan cuek karna terkadang dengan hidupin-matiin paksa itu worth. Tetapi makin lama kemungkinan berhasil semakin dikit dan akhirnya saya bongkar cek konektor hrdisk dan ram(cuma tak pindah slot aja). Tetapi masih aja bluescreen. Lalu pakai cara prevent rebort yg di control panel plus hapus software pakai revo uninstaler dan run CCcleaner lalu defrag disk(ternyata di tengah jalan tiba2 muncul bluescreen)..
    Terpaksa pindahin data ke HD eksternal dan factory reset out of the box and state(mungkin gitu tulisanya).saya pilih yg 64bit..
    Setelah berhasil selesai, pas mau finishing tiba2 bluescreen lagi..

    Kira2 kenapa ya gan? Apakah problem hardware?
    Kalau ram saya pastikan ga ada bunyi tapi kalau vga dan hardisk ga tau cara cek kelayakanya. Udah lama ga main game juga. Sebatas info ini laptop mungkin udah uzur soalnya beli thun 2008 buat bikin skripsi sama main game dulunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yya kalau pemakaian rutin dalam waktu lama akan seperti itu. sebenarnya pemakaian normal jika hardisk sudah mulai penuh maka harus diganti dgn hardisk internal yang baru. jika hanya memindah data ke hardisk external dari internal maka disknya akan seperti rewrite dan masalah bluescreen akan ttp ada. solusinya setiap kali hardisk mau penuh coba ganti hardisk internal baru dan install seperti baru lagi. hardisk internalnya bs dijadikan Hardisk external kok :) HDD akan rusak jika dia terus2an direwrite terus2an. semoga membantu.

      Delete
  9. Masbro, kasus saya pas setelah selesai download file torrent,setelah selesai saya pindah hasil download ke hdd eksternal, setelah itu download yg lain, tiba2 blue screen. Setelah restart lagi, file hasil download,yg di hdd eksternal maupun internal data d hilang semua. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh..saya blum pernah kejadian seperti ini sih..
      biasa yg didownload dan kejadian bluescreen saja yg hilang. tp bisa dipastikan kejadian seperti itu hanya sekali, coba download file yg sama dan transfer ke hdd external ga kejadian lg.

      Delete
  10. Kalo ngga bisa buka control panel gimana? setiap mau klik uninstall program malah jadi bluescreen

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba buka control panel lewat safe mode, ataupun coba uninstall program via ccleaner.. semoga membantu.

      Delete
  11. Laptop saya selalu blue screen ketika terhubung k internet gan..gmn solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu dipastikan apakah message di bluescreennya sama., jika sama harusnya bs dengan solusi diatas.

      Delete
  12. bg sya kan tiap scan virus di laptop, pke avira klo udah 98% pasti berhenti trus semuanya tidak berfunsi alhasil terjadilah bluescreen itu knpa y, bisa diberi masukkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusi paling gampang coba ganti antivirus avira nya.
      saya sendiri tak pernah pakek antivirus, kalaupun ada yya cuma smadav.
      virus biasa bisa didetect via proces/services aneh yang ada di task manager..salam semoga bisa menjadi solusi.

      Delete
  13. Mas,cara mengetahui progamnya corupt apa ngga gimana? Dan saat saya hendak uninstall antivirus atau Progam yg baru di install ternyata gak bisa,kemudian bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  14. Problem solve, makasih mas ihsan, semoga mas ihsan selalu diberi kesehatan,,, Aamiin,,,

    ReplyDelete
  15. saya juga mengalami kasus yang sama, tapi ini terjadi setelah menambahkan ram pada laptop. apa solusinya juga tetap sama sedangkan saya tidak menginstall program apapun

    ReplyDelete
  16. sayangnya kenyataanya gak seperti itu mohon maaf ya buknya ngremehin cara di atas gak ngaruh yang pasti itu memori ramnya yang masalah..buat mas bro mas bro pasti tau jawaban nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang banyak penyebab masalah ini, dan ada banyak jalan mengatasinya. terima kasih atas komentarnya,, yang belum berhasil dengan cara diatas mungkin bs dicoba seperti saran mas aris, ganti memori ramnya. atau dgn cara yg lain..

      Delete
  17. makasi gan... laptop saya tidak jadi saya install ulang....

    ReplyDelete
  18. makasi gan, laptiop saya sudah bisa digunakan. saya juga tidak jadi install ulangya.

    ReplyDelete