Pilih Blogspot atau Wordpress

Sudah ribuan artikel membahas tentang yang satu ini. trus kenapa aku masih membahasnya? ahh.. merasa masih ada yang kurang dari penjelasan mereka. klik --> trikmudahseo yang pernah menjelaskan point2 terbaik perbandingan antara pilih blogspot atau wordpress. yapp .. disana disimpulkan blogspot menang telak menurut pendapatnya dalam hal blogging, cuma kalah soal SEO.


Tahun 2010 ketika masih di bandung aku sempat ngelamar kerja ke salah satu perusahaan pembuat website, nama perusahaannya http://websiteekspres.com, nah pas ditanya apa aku pernah membuat weblog ? tentu.. kebetulan waktu itu website ini masih sering aku ulak ulik jadi tau lah sedikit tentang html tag css xml dan seterusnya. ada yang unik kala itu dimana setelah diinterview aku dikasih assignment untuk menyelesaikan dirumah mengcustom website dalam tempo waktu yang ditentukan. berikut petikan assignmentnya : 

Dari: Aldi Daswanto <aldi@websiteekspres.com>
Kepada: evilbee.lady@gmail.com; hendra9090@yahoo.co.id; imma_meylz@yahoo.com; kunwidy@yahoo.com; abud354313@yahoo.com; ihsan_unggul@yahoo.com;bisnis.jatnika@gmail.comTerkirim: Rab, 27 April, 2010 11:38:56
Judul: Assignment Website Ekspres

Berikut saya kirim tugas yang harus dikerjakan (attachment) :
  1. Saya kirim themes wordpress (express company).
  2. Saya minta dibuatkan child themes-nya.
  3. Modifikasi themes bebas.
  4. Ditunggu laporan pekerjaannya paling lambat hari Minggu 1 Mei 2010 jam 13.00.
Selamat berkarya ;) 
<htdocs.rar><1_expresscompany.jpg><2_dashboard.bmp><3_expresscompany_child.bmp>

Sejenak terengah, hah' emang di wordpress bisa ngedit template yya? soalnya aku pernah punya wordpress sebelum itu tapi gatau dimana tempat ngedit templatenya. xixi. cerita punya cerita tanya punya tanya dan ternyata ohh ternyata, wordpress itu dibagi menjadi dua yaitu wordpress.com free host dan wordpress.org self hosting. dimana yang bisa ngedit template adalah hanya yang self hosting atau wordpress.org. yya ternyata wordpress.com tak bisa mengedit mengcustom code, dan waktu itu baru tau aku baru ngeh kalau ada yang namanya wordpress.org. hhu

Setelah aku coba wordpress.org ternyata forumnya lumanyan banyak, aktif dan dashboard wordpress.org nya kebanyakan menu sama dengan wordpress.com dan beda dengan dashboard blogger.com simple. kembali ke topik kenapa aku memilih blogger.com karena aku mau membuat tampilan blog aku semau nya aku sejalan dengan pikiran ku yang maunya sederhana lebih indah :). semenjak dari blog ini ada di akhir 2009, sudah banyak sekali blog ini bertransformasi tampilan karena merasa gak srek dihati. dan tampilan seperti sekarang adalah sesuatu yang srek karena merasa ini sudah sederhana lebih indah.

lahh.. trus kenapa tidak pilih wordpress.org ? kan sama2 bisa custom template edit2 seenak hati! dan kata trikmudahseo wordpress lebih bagus dalam hal seo karena plugin seo nya banyak dan sangat membantu. dan jawabannya yyaaa... karena aku mau nya ngeblog gratis...........!! tis tis tis tis! kalau sudah wordpress.org itu sudah berbayar hosting domain nya. setiap tahun harus diperpanjang, tahun depan diperpanjang lagi tahun depan harus diperpanjang lagi, pertanyaan nya adalah.. AKU MATI KAPAN ? dan kalau aku mati bagaimana nasib blog aku, apakah ikut mati ? itulah yang menjadi pertimbangan kenapa harus memilih blogspot karena ia gratis dan abadi selama google menjaga servernya dengan baik. mudah2an bisa bertahan sampai kiamat dan servernya dikirim ke surga yak. biar bisa lanjut ngeblog disurga. xixi.

Summary
3 alasan kuat kenapa aku me-pilih blogspot adalah :
1. Gratis
2. Customize template
3. Tetap abadi walau aku sudah mati
menyoal SEO wordpress yang katanya lebih unggul, aku mau tanya code yang mana yang tidak bisa diterapkan di blogger.com yang membuat index google wordpress lebih baik? nothing !

see next post ..

Bonus balasan email dari aku dan dia waktu itu :(

Terima kasih atas balasan dan pengerjaan tugasnya.
Setelah saya cek, sepertinya saat ini saudara Ihsan belum bisa bergabung di dalam tim Website Ekspres.

Wass.
Aldi D. - Website Ekspres

0 comments:

Post a Comment