9 Hubungan Kesehatan Tubuh Dengan Kuku

kuku-sehat
Ketika aku masih duduk dibangku SMP ada salah satu ibu guru suka periksa kuku muridnya, dan siapa yang ketauan ada diantara kami yang sengaja membiarkan kuku panjang, maka siap-siap digunting paksa sama bu N*N* tu. :) pada suatu saat sempat terlintas di ucapan beliau bahwa ia mendapati muridnya yang memiliki kuku dengan pangkal putih melengkung "1/6 dipangkal" cenderung lebih sehat, apakah ini salah satu indikasi bahwa murid tersebut memiliki kalsium, nutrisi yang cukup? menurut aku yya.bisa jadi. tapi akan lebih baik kalau sobat memastikan langsung kesehatannya sama dokter, biasanya dokter memiliki ilmu lebih ketika memeriksa pasien, katakan misalnya spesialis mata, melihat mata kita saja maka dia sudah mengetahui gejala apa saja yang ada ditubuh kita. kali ini aku cuma memberikan beberapa point tentang keterkaitan kesehatan tubuh dengan kuku : 
1. Kuku pucat
Kuku yang sangat pucat kadang-kadang berkaitan dengan proses penuaan. Akan tetapi, bisa juga menandakan adanya penyakit serius, seperti:

Anemia
Gagal jantung
Diabetes
Penyakit liver
Kurang gizi

2. Kuku berwarna putih

Kuku yang berwarna putih dengan bagian pinggir yang lebih gelap, bisa mengindikasikan masalah liver, seperi hepatitis. Jika Anda mengalami hal ini, perlu juga dicuigai adanya gangguan liver lainnya.

3. Kuku berwarna kekuningan

Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab paling umum kuku berwarna kuning. Jika infeksi makin memburuk, maka nail bed akan mengerut, kuku menebal dan remuk. Pada beberapa kasus, kuku berwarna kuning menandakan kondisi yang lebih serius seperti penyakit gondok atau psoriasis.

4. Kuku berwarna kebiru-biruan

Semburat kebiru-biruan di kuku merupakan pertanda kalau tubuh kekurangan oksigen. Ini bisa menunjukkan adanya infeksi di paru-paru, seperti pneumonia.

5. Permukaan kuku berbintik dan bergelombang

Permukaan kuku yang berbintik-bintik merupakan gejala awal psoriasis atau peradangan sendi. Psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit yang hampir 10%-nya diawali dengan masalah kuku seperti ini.

6. Kuku pecah-pecah

Kuku yang kering dan rapuh serta sering pecah-pecah dikaitkan dengan penyakit gondok. Jika kondisi pecah-pecah ini dipadukan dengan warna kekuningan, maka cenderung disebabkan oleh infeksi jamur.

7. Peradangan di lipatan kuku

Warna kemerahan dan bengkak di sekitar kuku merupakan pertanda adanya peradangan pada lipatan kuku. Hal ini bisa disebabkan oleh lupus atau gangguan jaringan penghubung lainnya.

8. Garis berwarna gelap di bawah kuku 

Garis gelap di bawah kuku kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Karena itu, jika mengalami hal ini, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter.

9. Gigit kuku

Menggigit kuku mungkin saja dianggap sebagai kebiasaan lama. Tapi, pada beberapa kasus, hal ini merupakan pertanda kecemasan yang bisa ditangani dengan pengobatan. Menggigit kuku dikaitkan dengan obsessive-compulsive disorder. Jika Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan ini, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.


      Meskipun perubahan pada kuku seringkali diikuti dengan adanya penyakit tertentu, perubahan ini biasanya bukanlah pertanda awal. Selain itu, banyak perubahan kuku yang tidak membahayakan kesehatan. Tidak semua yang mengalami perubahan kuku mengalami hepatitis. Karena itu, jika Anda mencemaskan kondisi kuku Anda, ada baiknya berkonsultasi dengan pakar dermatologi.

Semoga dengan artikel ini isobat jadi lebih peduli dengan gejala tubuh dan juga kuku sobat. 
Sekian tips kesehatan dari aku kali ini . semoga bermanfaat.

sumber : carahidupsehat dan media indonesia

Tags : Kuku Berwarna Ungu, Kesehatan Kuku Berwarna,Hubungan Warna Kuku Dengan Penyakit, Kuku Ungu, Gejala Kuku Berwarna Ungu, Warna Kuku Dan Kesehatan, Kuku Tiba2 Warna Orange, Kuku Ungu Tanda Penyakit, Kuku Warna Ungu Pada Garis Bawah Kuku, Kuku Hepatitis, Masalah Kuku Berwarna Ungu, Warna Kuku Yang Sehat Dan Tidak Ada Gangguan Kesehatan, Warna Kuku Untuk Kesehatan, Warna Kuku Ungu, Tanda Penyakit Liver Tahap Awal, Putih Bawah Kuku, Penyebab Kuku Warna Ungu, Penyebab Kuku Berwarna Ungu, Penyakit Diawali Dengan Rusaknya Kuku, Obat Atau Ramuan Untuk Menebalkan Kuku, Obat Alami Untuk Kuku Putih, Warna Putih Di Bawah Kuku, Kuku Berbintik-Bintik Akibat Penyakit, Gelap Di Bawah Kuku, Gejala Penyakit Dari Kuku Berwarna Ungu, Gejala Kuku Orange Sakit Apa?,Gejala Darah Tinggi Pada Kuku, Garis Bawah Kuku, Cara Memeriksakan Kuku, kesehatan kuku,

0 comments:

Post a Comment