Sabe Keudroe Tameuprang

      kalie nyoe lon posting ngen bahasa droe teuh, malee teuh taceurita ngen bahasa indo, iteupue kiban kaum teuh, malee teuh iteupue tameuprang sabee keudroe droe, awai tapeusalah gop inoe katerbukti ken gob, tapi droe teuh yang hana beutoi teuh cit. malee bak lon cerita menyoe ngen awak inoe, karena citra nanggroe tanyoe seulama nyoe get. okelah. na islam na kristiani, na palestina na israel, na syiah na sunni, na GAM na TNI, na PA na PNA. lheuh damai ngen awak luwa gohlom teunte damai ngen awak droe teuh karena na padum boh kubu yang meulaen cara pikee. harus jih walaupun beda cara pikee, beuna persaingan harus jih beu dalam bentuk positif tabangun nanggroe, ken negatif lage tajak prang tameutak saudara droe teuh. beu lagee bang rafly kande kheun.
“daripada tameuprang.. geut tameugee! atra ban sye atraa ban syedara pih na., ubat hatee Allah .. ubet susah piasan beuna.. ubat hatee Allah ubat susah ramee syehdara., peugah lagee buet pubuet lage na, yang na bek tapeu tan, yang tan bek tapeuna. amaann damaiii beudameii”. Damai ~ rafly 
     sebetoi jih  jelas that pat masalah jih, cuma ie pemerintah hana niet ieh ie peubla karena yang terlibat masalah nyan jih cit sang, ngen syedara jih cit dan ikeu mata jih cit!. peken han kareulee? alahh haii syedara meutuah behh.. nyoe salah saboh bukti nyan awak nyan sabee keudroe ieh jih jimeuprang ikeu mata ieh manteng ie iem droe ieh ie pemerintah nyan. yang meupaloe lom na neuteupue? lam video nyoe syedara droe teuh ie peujawa jawa. irwandi ikheun keu irwanto, ikheun ieh peunyaket, ie surak kapoh kapoh!, yang ie jawa prabowo ikeu mata ubee raya yang musoh masyarakat ngen awak poh gam awai hana deuh karena ka imeungen get. nyan sidumm lon peugah. peken sabee keudroe teuh tameuprang menyoe ngen gob yang poh rakyat aceh manteng jeut kameudamee!!! Allahurabbi…
1121
56
43


      nyan ka neungieng. soe soe yang hadir, ken ureng meulia mandum, tapi ikeu ureng mulia nyan manteng iteujeut poh syedara droe teuh, item meuhoro hara. bek takheun keugob, yang awak jaga satgas nyan manteng hanjet itheun droe ieh.. dan  pemerintah nyan hana ie meuhiro ieh pih. peu tapeugah man lom. takheun na wali nanggroe pieh teu iem iem cit, lantaran jih manteng meumihak salah saboh, nyoe neugieng.
1796417_638954092818665_1649262810_n
     nyan ban, talakee du’a mudah mudahan awak nyan tersadar peuna kejadian di seukeuliling ieh, beu ie meuhiroe, bek ie masyarakat susah bak geujak mita raseuki gara gara awak nyan iemeuprang sabee keudroe lam lingkungan masyarakat bahkan masyarakat yang jeut keu korban. igeutanyoe tameuprang ie jawa nyompat ikhem iteupuk tangan ieh ingieng. nyan lam foto 6-7 nyan bukti awak jawa ka ikhem. bagi syedara lon, cuma pesan bang rafly yang jeut lon pegah.
“Daripada tameuprang geut tameugee!” wassalam.
Maret 2014, Jakarta.
Salam Damai

Dari Sumber Serambi Indonesia Maret 2014 juga memiliki 2 artikel menarik berikut :

Pejabat Aceh ‘Pecah Kongsi’


DUA pasangan Gubernur/Wakil Gubernur Aceh, masing-masing pasangan Abdullah Puteh-Azwar Abubakar (periode 2000-2005), dan Irwandi Yusuf-Muhammad Nazar (periode 2007-2012) diisukan retak alias ‘pecah kongsi’ di tengah jalan periode pemerintahan mereka.

Pertama, pasangan Gubernur/Wagub Ir Abdullah Puteh MSi dan Ir Azwar Abubakar MM tak lama menikmati masa bulan madu mereka. Memasuki tahun kedua, duo “tukang insinyur” ini tak lagi terlihat rukun sampai Puteh ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 7 Desember 2004.
Orang-orang dekat Puteh dan Azwar mensinyalir setidaknya ada dua hal yang melatari keretakan itu. Mereka mulai tampak “pecah kongsi” setelah Azwar memutuskan sepihak untuk memperluas kamar kerja Wagub sehingga setara dengan luas ruang kerja gubernur. Konsekuensinya, kamar kerja Sekda Thanthawi Ishak --sosok yang pernah disebut Puteh sebagai ‘Sekda abadi’-- yang letaknya di sebelah ruang kerja Wagub, terpaksa digusur demi memenuhi keinginan Azwar. Lalu setelah kamar kerja Azwar lapang, ada pihak yang memanas-manasi Puteh bahwa perluasan kamar kerja Wagub itu merupakan upaya simbolik Azwar untuk “mengimbangi” kekuasaan Puteh.

Kerekatan di antara sesama alumnus ITB ini juga dipicu oleh ketidaksukaan Puteh pada salah seorang staf ahli Wagub Azwar Abubakar. Ia minta Azwar mengganti orang tersebut, tapi Azwar tak merespons, mengingat Puteh bisa sesukanya memilih staf ahli, bahkan dalam jumlah yang banyak. Puteh kecewa pada sikap Azwar, padahal keinginan Azwar agar Puteh menggeser salah seorang Asisten Sekda Aceh yang dinilai Azwar arogan dan sok kuasa, sudah dipenuhi Puteh dengan menempatkan orang tersebut sebagai kepala dinas.

Begitulah. Sampai Puteh dinonaktifkan dari jabatan gubernur, hubungan di antara keduanya terkesan patah arang. Padahal, ketika mencalon jadi Gubernur/Wagub Aceh, Azwar menampung Puteh bersama sang istri, Marlinda, di rumahnya di Jalan Sudirman, Banda Aceh, mengingat saat itu Puteh tak punya rumah di Banda Aceh.

Azwar bahkan meminjamkan kaus kaki putih anak sulungnya untuk dipakai Puteh saat dilantik sebagai Gubernur Aceh di Ruang VIP Bandara SIM. Soalnya, menjelang pelantikan pada tahun 2000 itu Banda Aceh dilanda banjir besar. Toko-toko pada tutup, sehingga tak memungkinkan bagi Puteh membeli sepasang kaus kaki putih yang akan dipakai saat pelantikan.

Pasangan Irwandi Yusuf-Muhammad Nazar, juga tampak sudah tak harmonis di tengah perjalanan periode kepemimpinan mereka. Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih periode 2007-2012 itu mendulang suara hingga 39% untuk menduduki kursi orang nomor satu Aceh pada 2007. Namun, belum separuh perjalanan jabatan mereka, tanda-tanda keretakan sudah mulai mencuat. Tampak kurang koordinasi dalam berbagai kegiatan.

Puncaknya, Gubernur Irwandi Yusuf saat itu bahkan memecat ‘serombongan’  pegawai, karena dianggap memihak Nazar. Pemecatan itu terjadi setelah beredar sebuah surat kaleng yang isinya menyiratkan bahwa telah terjadi ‘konsolidasi politik’ di rumah Wagub  yang melibatkan pegawai di jajaran Pemerintah Aceh. Entah benar atau tidak adanya konsolidasi tersebut, yang pasti, Irwandi kemudian memang jadi memecat beberapa orang pegawai tersebut sekaligus.
Rivalitas antara orang nomor satu dan dua Aceh itu terus terjadi. Saat Irwandi berobat di Singapura, Nazar dituding melakukan konsolidasi pegawai di jajaran pegawai eselon III. Lebih dari itu, Nazar juga dianggap menggalang kekuatan dengan membuat sebuah koran harian lokal. Media ini dinilai sebagai upaya dari Nazar untuk pencitraan demi kepentingan politiknya.

Gesekan-gesekan terus terjadi dan semakin terang-benderang ketika kedua pucuk pimpinan itu sepakat saling berkompetisi menjadi calon Gubernur Aceh periode berikutnya. Gubernur Irwandi kemudian menyetop habis suplai ‘bahan bakar’ Muhammad Nazar ketika wakilnya itu dipastikan menjadi salah satu kompetitor kuatnya dalam Pilkada. “Saya sudah diisolasi habis-habisan. Sekarang pengadaan aqua gelas saja tidak boleh lagi ke sini (rumah dinas Wagub di Blang Padang, red). Pinjam mobil dinas juga tak bisa lagi,” kata Muhammad Nazar suatu waktu kepada Serambi.(*)

Pejabat Aceh ‘Pecah Kongsi’

Data menunjukkan, 85% kepala daerah dan wakil kepala daerah di Indonesia pecah kongsi. Di Aceh pun fenomena serupa mulai terlihat. Apa penyebab utama pecah kongsi? Serambi mengungkapkan fenomena itu dalam laporan eksklusif berikut ini.

Yoh di laot sapeu pakat, oh troh u darat ka laen keunira. Begitulah nukilan hadih maja Aceh, yang bermakna kira-kira, “Saat di laut sependapat, namun ketika sampai di darat sudah lain pola pikirnya.”
Beda pendapat, selisih paham, pecah kongsi, atau istilah apa pun lainnya yang menunjukkan keretakan hubungan antara kepala daerah dan wakil kepala daerah sudah lazim terjadi. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyebutkan, 95% kepala daerah dengan wakil kepala daerah pecah kongsi di Indonesia. “Catatan kita menunjukkan bahwa 95% kepala daerah dan wakilnya pecah kongsi di tengah jalan,” kata Gamawan di Ambon, Senin (10/3).

Dirjen Otda Kemendagri Djohermansyah Djohan bahkan membeberkan data lebih rinci: Hanya sekitar 6% saja kepala daerah dan wakilnya kompak hingga akhir masa tugasnya. Itu sebabnya, kata Djohermansyah Djohan, Kemendagri mewacanakan agar hanya kepala daerah yang dipilih langsung oleh masyarakat, sedangkan wakil kepala daerah ditunjuk oleh kepala daerah yang dipilih secara langsung itu.

Umumnya, sang wakillah yang merasa didiskriminasi alias tak diminta pendapatnya untuk mutasi pejabat. Sesuai dengan aturan, seorang wakil kepala daerah memang diberi wewenang membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah. Tidak ada pengaturan yang terperinci. UUD 1945 bahkan tidak pernah menyebut-nyebut jabatan wakil kepala daerah. Itu sebab dalam praktiknya,  kewenangan yang dimiliki pun, ya praktis berdasarkan kesepakatan bersama saja.     
Di sisi lain, ada salah tafsir dalam mempraktikkan kepemimpinan.  Seorang kepala daerah enggan melimpahkan kewenangan yang dimiliki  kepada wakilnya lantaran merasa punya kedudukan yang tak setara. Wakil hanya dianggap ban serap. Ketika pragmatisme menjadi ideologi, di sinilah awal mula konflik muncul. Padahal, dengan pendelegasian kewenangan, justru akan mengefektifkan pemerintahan.

Beberapa pertimbangan pragmatisme antara lain, menjadi ancaman bagi peluang yang bersangkutan untuk maju pada periode selanjutnya.  Jika wakil dianggap punya kans, maka wewenang akan diminimalkan sejak awal, karena dianggap sebagai potensi ancaman.
Sebab ketidakharmonisan lain terkait penempatan pejabat dan pembagian proyek. Di beberapa kabupaten di Aceh, beberapa bupati disebut-sebut lebih sering berdiskusi dengan kontraktor, pemodal, dan orang-orang sekelompok dengannya dalam mengambil keputusan ketimbang dengan sang wakil sendiri. (Baca: Sinyal Retak di Aceh Besar). Di level provinsi, aroma ketidaksepahaman juga mulai tercium. Namun, Gubernur Aceh Zaini Abdullah membantahnya. (Baca: Itu tidak Benar).
Menurut pengamat Politik dari Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Teuku Kemal Fasya, setelah reformasi, birokrasi sebagaimana yang diatur dalam UU memang memandang perlunya pejabat disertai dengan wakilnya. UU tersebut jelas-jelas mengatur Tupoksi masing masing. Namun, retak atau tidak, tergantung pada kedua pasangan tersebut.

“Keretakan hubungan itu sudah jamak, tidak hanya di Aceh. Biasanya itu dipicu oleh dua faktor, yaitu penentuan posisi pejabat dan pembagian proyek. Di situlah terjadi tarik-menarik pengaruh antarpejabat dengan wakilnya melalui porosnya masing masing,” ujar Kemal Fasya.

Ia memaparkan ‘bercerainya’ pejabat dengan wakil, selama ini memang pasangan kepala daerah sekadar dicocok-cocokkan begitu saja menjelang pemilu. Padahal, karakter keduanya juga harus diperhatikan, tentu selain faktor reputasi, latar belakang pendidikan dan pengalaman, dan parameter lainnya. Keberadaan mereka pada akhirnya tidak lagi untuk kepentingan masyarakat, tapi lebih kepada sesuatu yang bersifat pragmatis dan oportunis.

Di Aceh, sudah banyak contoh rezim yang pernah pecah kongsi. Beberapa contoh di antaranya, pasangan Abdullah Puteh-Azwar Abubakar, Irwandi Yusuf-Muhammad Nazar, dan bahkan Ibrahim Hasan -T Johan yang memerintah Aceh pada kurun waktu 1986-1993. Keretakan di antara mereka bukan lagi rahasia. 

Sulitnya tercapai kompromi ditengarai sebagai akar masalah. Kemal mengakui, sulit menemukan pasangan pejabat serasi yang saling mengisi dan melengkapi seperti halnya duet fenomenal Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Jokowi-Ahok. (*)

Ketika mereka pecah kongsi., siapa yang dirugikan ?

0 comments:

Post a Comment