STRATEGY HUMAN RESOURCE MANAGEMENT PART 2
***************************************************************************************
mengatasi karyawan anak buah yang lebih tua :
* menegur dan memberi saran dengan santun
* pendapat usulan kinerja yang disampaikan dengan bijaksan.
* dikonsultasikan ke bagian hrd manager kalau masalahnya tak bisa diputuskann oleh manager.
* mengadakan rapat dalam mengambil solusi setelah adanya teguran.
* keputusan harus terlebih dahulu dipertimbangkan sehingga benar2 keputusan yang adil n tepat.
* pengurangan insertif.
four ethics rule: * menegur dan memberi saran dengan santun
* pendapat usulan kinerja yang disampaikan dengan bijaksan.
* dikonsultasikan ke bagian hrd manager kalau masalahnya tak bisa diputuskann oleh manager.
* mengadakan rapat dalam mengambil solusi setelah adanya teguran.
* keputusan harus terlebih dahulu dipertimbangkan sehingga benar2 keputusan yang adil n tepat.
* pengurangan insertif.
practical rule > keputusan ethic harus dikomunikasin dengan pihak ekternal
justice rule > santun dan adil dalam mengambil keputusan
utilitarian rule > kebaikan untuk siapapun
moral right rule > harus memelihara dan melindungi hak privileges dari seseorang / memperhatikan hak moral.
*source of ethics > sosial, invidudual, occupation ethics, dan oraganizational ethics
* kegagalan dalam profesional ethics:
produk realeased, tapi produk tidak konsisten dalam kualiti, kualitas harus tetap terjaga tidak boleh berfluktuasi,
kesehatan dan keselamatan bagi karyawan,
produk tidak boleh berbahaya bagi customer.
* garis besar dalam membuat paper
BabI latabelakang
rumusan masalah
tujuan
BabII
tinjauan pustaka
teori
hasil penelitian sebelumnya
hipotersis
BabIII
metode penelitian secara qualitatif atau kuantitatif
BabIV
analisis hasil penelitian/ mis: lingkungan kerja fisik non fisik itu ada descripsi dan ada indikatornya. 2variable dependen dan independen.
BabV
kesimpulan dan saran
materi utama paper : implementasi HRM di perusahaan
* pembagian kelompok strategy human resource management
kel1 arif nathan susi <1>
kel2 gilbert nevin thian <4>
kel3 david fajar maulida <6>
kel4 lilik astari andri <7>
kel5 bob pudji andriJ anggita <9>
kel6 sulfan zulhendra ferry <5>
kel7 huthon nugroho mulky <8>
kel8 aris tinton merry <3>
kel9 ade ihsan chandra galih<2>
kel10 wahyudi bagoes nursaudi<10>
* maximizing human capital
rucruting, design a job find employe
review, memeriksa kebijakan sumber daya manusia
reward, mengenali karyawan yang sangat baik dan berbakat
retain, memberikan kesempatan kepada karyawan dan mempertahan kan karyawan yang memiliki performance yang bagus
* materi diskusi : diskusi 140913> maximizing human capital
diskusi 210913> gangguan di tempat kerja
OPERATIONS STRATEGY PART 2
****************************************************************************************
Cari dulu apa yang dibutuhkan pasar terlebih dulu baru melihat apa yang dipunyai perusahaan.
sample mercu: kualitas pengajar dokter profesor, ruangan berAC smua, perpustakaan yang ada jurnal, peningkatan akreditasi menjadi Adan mercu memperbaiki nya sehingga mahasiswa dari 2000 menjadi 25rb. investasi bisa dikembalikan dari uang pembangunan mahasiswa. sehingga posisi keuntungan nya semakin banyak seiring bertambahnya peminat.
sample mercu: kualitas pengajar dokter profesor, ruangan berAC smua, perpustakaan yang ada jurnal, peningkatan akreditasi menjadi Adan mercu memperbaiki nya sehingga mahasiswa dari 2000 menjadi 25rb. investasi bisa dikembalikan dari uang pembangunan mahasiswa. sehingga posisi keuntungan nya semakin banyak seiring bertambahnya peminat.
* indikator optimum adalah tingkat pendapatan oleh perusahaan , diawal harus mengeluarkan biaya untuk meningkatkan kualitas, setelah produksi akan kembali lagi setelah mereka mengkonsumsi produk yang berulang.
* prediksi mercu yang sebelumnya menarget kan balik modal dalam10 tahun menjadi 3tahun setelah pengeluaran investasi dalam meningkatkan qualiti.
gaji dinaikin
qualitas lab diimprove
rekrut profesor dan penambahan gaji+honor
* strategy management= shortterm
* operation strategy = longterm
* trade off management . kemauan untuk mengorbankan satu performance objective untuk pencapaian performance objective yang terbaik yang paling optimum.
dalam cost ada 2
- Belanja Modal atau Capital Expenditures (Capex), dan
- Biaya operasi atau Operating Expenditures (Opex).
* Capex adalah pengeluaran untuk memperoleh harta tetap (Fixed Asset). Harta tetap adalah kekayaan perusahaan yang mempunyai masa manfaat lebih dari satu periode (tahun) akuntansi. capex, semua pengeluaran dgn harapan pengeluaran itu mendapat keuntungan > investasi bagunan , tanah
* opex, pengeluaran yang dikeluarkan yang tak diharapkan keuntungan di masa depan. Opex adalah pengeluaran yang berkaitan dengan kegiatan operasional harian perusahaan. Opex masih terbagi menjadi dua, yakni Biaya Produksi (Production Expenses) dan Biaya Administrasi dan Umum (General Administration / G&A Expenses).
trande off = service good >< capital expenditure turun
dan sebaliknya, akan selalu bertolak belakang.
makanan siap saji >>
bakso dikurangi =jelek
disisi lain capital expenditure on strorage bagus.
>> bluebird investasi mobil baru dan menjual mobil lama. perawatan mobil baru akan lebih rendah.
variable cost diberikan agar sopir taksi agar tidak malas. gajinya jika dia malas masih dibawah umr.
variable cost diberikan agar sopir taksi agar tidak malas. gajinya jika dia malas masih dibawah umr.
* improvement di peralatan peralatan teknologi mesin sehingga blueline menjadi blackline. jika tidak ada pasar maka berhati2lah membuka cabang.
5 hal dalam memenangkan pasar : *customer, price murah, service good, fast dileevery,
*employe, karyawan berkelanjutan, fair pay, personal development n goodworking condition
*shareholder, berikan keuntungan yang wajar kepada karyawan.
*supplier, jgn mudah mempercayakan kepada satu suplier
*society, masyarakat yang akan mempromosi produk, dengan mengelola komunitas.
customer>
* quality, spesification jauh diatas permintaan yang diminta. not tolerance for kesalahan. inventory berlebihan sama aada batukarang di tengah laut.
* speed, fast dileviry product , berkaitan dengan prosses
* dependaability = waktu yang dibutuhkan untuk mengirim - actual delivery time, berkaitan dengan pengantaran.
* flexibility, product flexyblity(pa lu gw ada), mix flexility, volume flexibility , deliver flesibility.
* cost, kaitan dengan price. cost = Operating expenditure, Capital expenditure, Working capital.
delights > lebih dari harapan
order winner> sesuai harapan
qualifiers> tidak sesuai harapan
7 Type of Focus Strategy Approach –>
•Performance objective focus
•Product/ service specification
•Geographic focus
•Variety focus
•Clarity of performance objectives
•Developing appropriate resources
•Enhanced learning and improvement
* United Tractor melakukan learning kepada karyawannya dari ob sampai atasan.
ENTREPRENEURSHIP AND INOVATION MANAGEMENT PART 2
********************************************************************************
september 2013 untuk pertama kalinya di mercu buana dibuka kelas e-learning.
kelas 305 dipilih sebagai salah satu kelas elearning,
sesi online : 3,4,5,6,8,9,11,12,13
sesi tatap muka : 1,2,7,10,14
pertemuan ke 7, 10 presentasi di kelas
uts 26 okt - 04nov
uas 04 jan - 11 jan tugas dikumpulkan rabu maximal jam 23.59
jadwal kuliah. kamis jumat sabtu minggu.
tugas 1 : ada perubahan di chapter review menjadi book review mengenai wirasusaha. yang akan dipresentasikan pada pertemuan ke 7 dan 10 dalam bentuk .ppt (individual)
tugas 2 : bussiness plan yang executable. akan di presentasikan pada pertemuan ke 14 (kelompok)
* dalam berwira usaha dibutuhkan
caracter>>anti menyerah
competensi>>langsung terjun jgn teori
commitment>>
mind
will
emotion
* winners never quit quitters never win
* jangan terlalu lama nyaman dalam confort zone., dan jangan menaruh semua telur dalam satu tempat.dipisah :)
istilah yang terkadang membuat penjual frustasi
“yang datang gak beli beli yang beli gak datang datang” ^^
Photo Gallery
mulai berinisiatif membawa laptop dan mencatut point2 dari pembicaraan pak/bu dosen :)
mas aris dan pak nug lagi serius menyimak paparan salah satu master entrepreneur :)
Daftar Kelompok Matakuliah Enterprener (Bpk.Shiming Johaness Lo)
kel1. Nursaudi Sulfan Ade Wahyudi
kel2 Gilbert Huthon Wahyudi
kel3 Susi Tinton bagoes
kel4 Mulky Chandra Arief
kel5 Aris Ferry David
kel6 Ihsan Anggita Andri w
kel7 Bob dysan Merry
kel8 Septhian Nathan
kel9 Siti Pudji maulidha Nevin
kel10 Astari Fajar Lilik
kel11 Zulhendra Andri J
kel12 Nugroho galih widya
thanks ..
ikhsan saidi
0 comments:
Post a Comment