4.3 Rancangan Antar muka
4.4.1Form Login
Gambar 4.11 - Form Login
4.4.2 Form Menu Utama
Gambar 4.12 – Form Menu Utama
4.2.2 Form Petugas
Gambar 4.13 – Form Petugas
4.2.3 Form Data Kamar
Gambar 4.14 – Form Kamar
4.2.4 Form Data Tamu
Gambar 4.15 – Form Tamu
4.2.5 Form Check-In
Gambar 4.16 – Form Check-In
4.2.6 Form Check-Out
Gambar 4.17 – Form Check-Out
4.2.7 Form Edit In
Gambar 4.18 – Form Edit In
4.5 Rancangan Database
4.5.1Tabel Petugas
Tabel 4.1 Tabel Petugas (Login)
No
|
Nama Kolom
|
Tipe
|
Panjang
|
Kunci
|
1.
|
Id_petugas
|
Varchar
|
30
|
PK
|
2.
|
User_Name
|
Varchar
|
30
| |
4.
|
Password
|
Varchar
|
15
| |
5.
|
Alamat
|
Varchar
|
50
| |
6.
|
No_telepon
|
Varchar
|
15
| |
7.
|
Foto
|
Image
|
4.5.2 Tabel Tamu
Tabel 4.2 Tabel Tamu
No
|
Nama Kolom
|
Tipe
|
Panjang
|
Kunci
|
1.
|
Id_tamu
|
Varchar
|
30
|
PK
|
2.
|
Nama_tamu
|
Varchar
|
30
| |
4.
|
Alamat
|
Varchar
|
50
| |
5.
|
Kota
|
Varchar
|
15
| |
6.
|
No_telepon
|
Varchar
|
15
|
4.5.3 Tabel Kamar
Tabel 4.3 Tabel Kamar
No
|
Nama Kolom
|
Tipe
|
Panjang
|
Kunci
|
1.
|
Id_kamar
|
Varchar
|
30
|
PK
|
2.
|
Tipe
|
Varchar
|
15
| |
4.
|
Harga
|
Int
| ||
5.
|
Status
|
Varchar
|
15
|
4.5.4 Tabel Check-In
Tabel 4.4 Tabel Check-In
No
|
Nama Kolom
|
Tipe
|
Panjang
|
Kunci
|
1.
|
Id_checkin
|
Varchar
|
30
|
PK
|
2.
|
Id_tamu
|
Varchar
|
30
|
FK
|
4.
|
Id_kamar
|
Varchar
|
30
|
FK
|
5.
|
Tgl_checkin
|
Varchar
|
30
| |
6.
|
Tgl_checkout
|
Varchar
|
30
| |
7.
|
Lama_menginap
|
Int
| ||
8.
|
Uang_muka
|
Int
| ||
9.
|
Cancel
|
Varchar
|
50
|
4.5.5 Tabel Check-Out
Tabel 4.5 Tabel Check-Out
No
|
Nama Kolom
|
Tipe
|
Panjang
|
Kunci
|
1.
|
Id_checkin
|
Varchar
|
30
|
FK
|
2.
|
Total
|
Int
| ||
4.
|
Bayar
|
Int
| ||
5.
|
Kembali
|
Int
|
4.6 Relasi Tabel
Gambar 4.19 – Relasi Tabel
BAB V
IMPLEMENTASI
5.1 Implementasi
Implementasi merupakan tahapan dalam rangka perencanaan, dan pengembangan perangkat lunak yang terdiri dari beberapa penjelasan yang membahas tentang Lingkungan Implementasi, Batasan Implementasi, dan Imlementasi Program. Dalam implementasi sistem, penulis telah menyiapkan apa yang dibutuhkan oleh sistem informasi hotel de’qur.
5.2 Lingkungan Implementasi
Untuk mendukung implementasi yang akan diterapkan pada lingkungan implementasi dengan tujuan supaya tahapan implementasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, maka dari itu penulis menggunakan perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang sangat menunjang dalam hal penciptaan, pembangunan, dan pengembangan web ini.
5.3.1 Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware)
Spesifikasi perankat keras (Hardware) yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah sebagai berikut :
Perangkat Keras (Hardware)
|
Spesifikasi
|
Processor
|
Intel Core 2 Duo processor T5550 1,83 ghZ,667mhZ FSB, 2MB L2 cache
|
Memory
|
512 MB DDR2
|
Hardisk
|
160 GB
|
VGA
|
128 MB
|
Printer
|
Canon
|
No.
|
Perangkat Lunak (Software)
|
Keterangan
|
1
|
Operating System
|
Windows XP / Windows 7
|
2
|
Bahasa Pemograman
|
VB.NET
|
3
|
Database
|
SQL Server
|
4
|
Report
|
Crystal Report
|
5.4 Batasan Implementasi
Yang dimaksudkan penulis di sini mengenai Batasan Implementasi adalah menerangkan ruang lingkup implementasi supaya menjadi lebih jelas. Batasan Implementasi aplikasi ini adalah sebagai berikut :
1. Perangkat lunak masih merupakan Waterfall.
2. Proses yang ditangani lebih terfokus pada proses pengolahan data check-in, check-out dan laporan bulanan
3. Perangkat Lunak yang dikembangkan, nantinya akan disimpan di komputer resepsionis dan juga bisa diakses oleh komputer bagian accounting.
5.5 Implementasi Program
Pada tahapan ini akan dijelaskan mengenai kelas (Class), database dan implementasi user interface
5.5.1 Implementasi Kelas (Class)
Berikut di bawah ini adalah merupakan daftar kelas pada masing-masing bagian perangkat lunak.
a. Admin
No
|
Kelas Perancangan
|
Kelas Implementasi
|
1
|
Login Admin
|
Login
|
2
|
Kelola Data Pegawai
|
Insert Data Pegawai
Update Data Pegawai
Delete Data Pegawai
|
3
|
Kelola Data Kamar
|
Insert Data Kamar
Update Data Kamar
Delete Data Kamar
|
4
|
Kelola Data Tamu
|
Insert Data Tamu
Update Data Tamu
Delete Data Tamu
|
5
|
Laporan Data Check In
|
View Data Check In
Print Laporan
|
6
|
Laporan Data Check Out
|
View Data Check Out
Print Laporan
|
7
|
Laporan Data Tamu
|
View Data Tamu
Print Laporan
|
8
|
Laporan Data Kamar
|
View Data Kamar
Print Laporan
|
9
|
Laporan Data Petugas
|
View Data Petugas
Print Laporan
|
b. Resepsionis ( Operator )
No
|
Kelas Perancangan
|
Kelas Implementasi
|
1
|
Login Operator
|
Login Operator
|
2
|
Menu Check In
|
Check In Tamu
|
3
|
Menu Check Out
|
Check Out Tamu
|
4
|
Menu Edit In
|
Edit In Data Tamu
|
5
|
Log Off
|
Log Off Aplikasi
|
6
|
Hide
|
Hide/Minimize Aplikasi
|
7
|
View All Data Kamar
|
View Data Kamar
|
8
|
Map
|
View Denah Hotel
View Lokasi Hotel
Peta Wisata Kota Bandung
|
9
|
Menu Help
|
About Hotel
About Program
System Info
Contact Us
|
No
|
Tabel Implementasi
|
Atribut
| ||
1
|
Ph_tamu
|
*ID
ID_TAMU
NAMA
ALAMAT
KOTA
NO_TELEPON
|
int (11)
Varchar (30)
Varchar (30)
varchar (50)
varchar (15)
varchar (50)
| |
2
|
Ph_petugas
|
*ID
ID_PETUGAS
USER_NAME
PASSWORD
ALAMAT
NO_TELEPON
FOTO
|
int(11)
Varchar (30)
Varchar (30)
Varchar (15)
Varchar (50)
Varchar (15)
image
| |
3
|
Ph_Kamar
|
*ID
ID_KAMAR
TIPE
HARGA
STATUS
|
int (11)
Varchar (30)
Varchar (15)
int
Varchar (15)
| |
4
|
Ph_CheckIn
|
*ID
ID_CHECKIN
ID_TAMU
ID_KAMAR
TGL_CHECKIN
TGL_CHECKOUT
LAMA_MENGINAP
UANG_MUKA
CANCEL
|
int (11)
Varchar (30)
Varchar (30)
Varchar (30)
varchar (30)
varchar (30)
int
int
varchar(50)
| |
5
|
Ph_CheckOUT
|
*ID
ID_CHECKIN
TOTAL
BAYAR
KEMBALI
|
int (11)
varchar(30)
int
int
int
| |
5.6 Implementasi User Interface
Implementasi user interface adalah merupakan hasil dari perancangan user interface yang sebelumnya sudah dilakukan pada tahapan perancangan.
5.6.1 Login
Login merupakan tampilan pertama kali yang muncul dari Aplikasi Hotel De’qur ketika user menjalankan program. Dimenu ini user diharuskan meng-input username dan password. Apabila username dan password sesuai, maka akan muncul MessageBox sukses, lalu user bisa melanjutkan ke menu utama. Kalau tidak, maka akan muncul MessageBox error dan apabila menekan tombol login tetapi tidak mengisi TextBox maka akan muncul MessageBox error juga. Disini juga terdapat tombol keluar yang berfungsi akan keluar dari aplikasi.
Gambar 5.1. Form login Hotel De’Qur Bandung
Apabila user name yang anda masukkan benar akan muncul foto pengguna dan jika password benar maka akan muncul pesan seperti dibawah ini. Lalu tekan ok untuk mulai masuk ke form utama.
Gambar 5.2 message box “Login Sukses”
Jika anda memasukkan password yang salah maka message box yang akan muncul adalah :
Gambar 5.3 message box “Login Failed”
Jika anda tidak menginput user namedi kolom user name atau password di kolom password maka message box yang akan muncul adalah :
Gambar 5.4 message box “user name and password empty”
5.6.2 Menu Utama
Menu Utama merupakan tampilan aplikasi setelah user login. Disini disediakan dua pilihan menu yaitu menu yang ada pada menu strip(on top) dan menu yang langsung ada di tampilan form menu utama. User bisa memulai untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan menu yang ada di beberapa menu strip atau langsung ke menu yang ada di tampilan form utama.
Gambar 5.5 Menu Utama
Menu yang ada di tengah layar merupakan jalan pintah (shout cut) dari menu strip(on top) yang ada di atas. Adapun yang dapat diakses langsung dari layar tengah diantaranya adalah check-in, check-out, edit-in, report in-out, report kamar, report tamu, edit data petugas, edit data tamu, dan edit data kamar. Sedangkan menu lain user dapat mengakses dari menu strip (on top).
5.6.3 Menu Home
Di menu home terdapat beberapa tombol utama aplikasi yaitu check-in, check-out, edit-in, log-off, hide, dan exit.
5.6.3.1 Check-in
Adapun tampilan menu check-in ketika tamu hendak mendaftar kamar (check-in) adalah sebagai berikut :
Gambar 5.6 Menu check-in
Di form ini user akan menginput data tamu terlebih dahulu diantaranya yaitu Nama, id tamu, alamat, kota/kecamatan, dan nomor telepon kemudian user menekan tombol save untuk menyimpan data tamu. Jika data salah satu kolom tidak terisi maka akan muncul pesan kepada user bahwa data tidak boleh kosong.
Dibawah ini adalah message box yang akan muncul jika ada kolom data tamu yang belum terisi :
Gambar 5.7 Peringatan data kosong
Jika id tamu yang akan diisi sudah terisi sebelumnya maka akan muncul message box yang mengkonfirmasi bahwa id check-in yang sudah terisi sudah tersimpan lebih dulu, berikut tampilan formnya :
Gambar 5.8 message box “Guest id Already saved!”
Jika data tamu diisi dengan lengkap dan tidak ada hambatan, maka user bisa menyimpan data tamu kedalam database setelah muncul pesan seperti berikut :
Gambar 5.9 message box “save changes”
Jika data yang diisi sudah lengkap dan akuran maka user akan menekan tombol “yes” untuk menyimpan data. akan berhasil disimpan jika ketika menekan tombol “save” muncul pesan “data has bee saved!!” berikut contoh pesannya :
Gambar 5.10 message box “data has been save”
Jika data tamu sudah tersimpan, maka langkah selanjutnya yang dilakukan user adalah memilih nomor kamar yang akan ditempati, user akan melihat data kamar-kamar yang kosong ketika menekan tombol panah (combo box). Status kamar yang dipilih nantinya akan menjadi terisi dengan otomatis sehingga tidak merepotkan user untuk mengupdate data kamar. Kemudian user memilih tanggal check-out tamu di tombol data time picker, setelah dipilih maka lama menginap tamu akan terhitung secara otomatis. User menginputkan uang muka di kolom uang muka setelah tamu menyetujui jumlah uang muka. Untuk id check-in user akan mendapatkan secara otomatis setelah menekan tombol get id. Langkah terakhir yang dilakukan user di form ini adalah menekan tombol save untuk menyimpan data check-in. Jika data tersimpan maka kamar akan terupdate menjadi kosong, berikut pesannya :
Gambar 5.11 message box “Room has been update”
5.6.3.2 Check-out
Menu check-out ketika tamu hendak membayar sewa kamar (check-out) adalah sebagai berikut :
Gambar 5.12 Menu Check-out
Untuk melakukan check-out, user akan menekan tombol check-out pada menu strip(on top) atau ditengah layar kemudian form seperti yang diatas akan mucul. Yang harus dilakukan user adalah memilih kamar tamu yang hendak check-out kamudian menekan tombol search untuk mendapatkan datanya. Jika data yang dicari didapat maka akan muncul pesan seperti gambar 5.13 Setelah mendapatkan data user akan menginput sisa bayar sewa kamar oleh tamu.
User memasukkan nominalnya kemudian menekan tombol save untuk menyimpan transaksi.
Gambar 5.13 message box “Check-in id Found!”
5.6.3.3 Edit-in
Menu edit-in akan dibuka jika ada penambahan lama menginap oleh tamu atau ketika tamu hendak membatalkan sewa kamar akan tetapi uang muka sudah dibayar, maka user akan membuka form berikut ini :
Gambar 3.14 Menu edit-in
Yang harus dilakukan user adalah menginputkan id check-in tamu hotel dan menekan tombol search. setelah data didapatkan maka user bisa merubah tanggal check-out (menambah lama check-in). User juga dapat menambah uang muka bila tamu diwajibkan untuk menambah nominal uang muka. Dan apabila tamu ingin melakukan pembatalan check-in kamar, maka user dapat langsung saja menekan cancel yang ada di combo box, status kamar secara otomatis akan terupdate menjadi kosong.
5.6.3.4 Log-off
Apabila user memilih menu log off maka aplikasi akan kembali ke menu login. Hanya saja di menu ini hanya textbox password yang kosong sehingga user tinggal mengisi passwordnya saja.
5.6.3.5 Hide
User juga boleh menghiden aplikasi jika user ingin menakses aplikasi selain aplikasi hotel ini, jika user ingin kembali mengakses aplikasi ini user tinggal memilih tombol show form di menu bar, berikut tampilannya :
Gambar 5.15 Hide feature
5.6.3.6 Exit
Apabila user memilih Exit maka aplikasi akan muncul MessageBox konfirmasi. Apabila memilih yes maka aplikasi hotel ini akan menutup program. Apabila memilih no maka tidak terjadi apa-apa. Berikut adalah message –box (konfimasi) yang akan muncul jika anda menekan tombol exit :
Gambar 5.16 exit application
5.6.4 Menu Report
Menu Report memiliki sub menu yaitu report dari Petugas Hotel De’qur, report data tamu, report kamar, report check-in dan check-out tamu.
5.6.4.1 Data Check-in
Adapun tampilan report check-in-out oleh tamu adalah sebagai berikut :
Gambar 5.17 Report check-in-out
Di report check-in-out dapat mereview data-data tamu yang telah melakukan check-in dan check-out. data tamu yang ada dapat disortir secara tanggal check-out tamu.
5.6.4.2 Data Check-out
User dapat mereview data transaksi tamu di Report check-out (transaksi. Data disortir sesuai dengan tanggal out tamu.
Gambar 5.18 Report Check-out
5.6.4.3 Data Tamu
User dapat mereview data tamu yang pernah check-in atau pun check-out di hotel. Berikut contoh tampilan report data tamu :
Gambar 5.19 Report Tamu
5.6.4.4 Data Petugas
User dapat mereview data petugas hotel lengkap dengan alamat dan nomor telepon. Berikut tampilan report data petugas :
Gambar 5.20 Report Petugas
5.6.4.5 Data Kamar
User dapat mereview data kamar hotel disortir lengkap dengan status terisi atau kosong. Berikut tampilan report data petugas :
Gambar 5.21 Report Data Kamar
5.6.5 Menu Administrator
Menu administrator atau juga sering disebut master data dapat diakses melalui tombol admin. Tombol admin ini memiliki sub menu diantara yaitu edit data kamar, edit data tamu, dan edit data petugas. Selain mengakses lewat menu strip (on top)sub menu ini juga dapat diakses langsung lewat menu utama.
5.6.5.1 Edit Data Petugas
Menu Edit Data Petugas Hotel merupakan menu yang berhubungan dengan login ke aplikasi dan pengeditan data – data petugas hotel. Untuk memulai meng-input data petugas, user diharuskan menekan tombol “New” setelah itu baru meng-input-kan data. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, pilih data yang ada di list view. Setelah data dipilih lalu tekan tombol “Delete” untuk menghapus atau tekan tombol “Edit” untuk meng-edit. Jika petugas yang bersangkutan memiliki photo file, user dapat menambahkannya dengan menekan tombol browsing. Berikut tampilan menu edit data petugas :
Gambar 5.22 form Edit Data Petugas
5.6.5.2 Edit Data Tamu
Menu Edit Data Tamu Hotel merupakan menu pengeditan data – data tamu hotel, misalnya pergantian id tamu, alamat ataupun nomor telepon. Jika user ingin meng-input data tamu, user diharuskan menekan tombol “New” setelah itu baru meng-input-kan data. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, search data id tamu yang ingin di-edit kemudian edit data di kolomnya masing-masing setelah itu tekan tombol “update”. Jika data berhasil diupdate maka akan muncul pesan seperti gambar 5.24. Apabila ingin menghapus data tamu, search id tamu yang ingin dihapus setelah data ditemukan lalu tekan tombol “Delete”. Berikut form edit data tamu :
Gambar 5.23 form edit Data Tamu
Gambar 5.24 Message box “Guest id has been update”
5.6.5.3 Edit Data Kamar
Menu Edit Data Kamar Hotel merupakan menu pengeditan data – data kamar hotel yang sudah diinputkan ketika pertama kali program dijalankan, form ini berfungsi untuk mengapdate tipe kamar, nomor kamar, harga dan status kamar jika diperlukan. Jika user ingin meng-input data kamar, user diharuskan menekan tombol “New” setelah itu baru meng-input-kan data di kolom yang sudah tersedia. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, search data nomor kamar yang ingin di-edit kemudian edit data di kolomnya masing-masing setelah itu tekan tombol “update”. Berikut form edit data kamar :
Gambar 5.25 form Edit Data Kamar
Apabila ingin menghapus data tamu, search nomor kamar yang ingin dihapus setelah data ditemukan lalu tekan tombol “Delete”. Dan bila muncul message box seperti gambar 5.26, maka data kamar sudah terhapus :
Gambar 5.26 Message box “room has been delete”
5.6.6 Menu View
Menu view berfungsi untuk melihat dan menunjukkan fasilitas kamar kepada tamu jika diminta, petugas dapat memperlihatkan form ini, selain itu petugas juga bisa menunjukkan lokasi lokasi pariwisata yang terdekat dari hotel jika diperlukan. Sub menu yang ada di menu ini antara lain yaitu Deluxe, Family, Suite, Standar, dan Meeting Room. Berikut preview Deluxe :
Gambar 5.27 View Deluxe
5.6.7 Menu Map
Menu Map berfungsi untuk melihat dan menunjukkan denah hotel jika tamu tidak membutuhkan roomboy atau barang bawaan yang sedikit. Selain itu petugas juga bisa menunjukkan akses cepat menuju hotel dari tempat-tempat belanja disekitaran hotel. Sub menu yang ada di menu ini antara lain yaitu Denah Hotel, Lokasi Hotel dan Parawisata. Berikut preview Lokasi Hotel:
Gambar 5.28 Lokasi hotel
5.6.8 Menu Help
Menu Help memiliki sub menu yaitu About Hotel, About Program, System info, dan Contack Us. Berikut adalah preview About Program :
Gambar 5.29 About Program
Dapatkan Source Code Hanya $9.9
Tags : Aplikasi Hotel, Data Check-in, Laporan Hotel
0 comments:
Post a Comment