Tugas E-marketing #1

Tugas ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat
Mata Kuliah E-Marketing
Program Studi Stara 2 Manajemen
clip_image002
Disusun oleh :
IKHSAN SAIDI (55112120073)
PROGRAM STUDI STRATA 2 MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI & BISNIS
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA
2014

INDIVIDUAL ASSIGNMENT #1 – CASE STUDY WEBSITE www.mari-bicara.com
1. Apakah domain merupakan nama perusahaan atau keywords? Kelebihan dari domain tersebut.
- www.mari-bicara.com merupakan domain berdasarkan keywords, kelebihan dari domain semacam ini adalah kemudahan pengunjung untuk mengingat website tersebut tanpa harus membookmark website tersebut di browser.
2. Apakah website ini merupakan “Microsite”? siapa pemilik website ini :
- Benar, mari-bicara.com adalah microsite. Microsite lebih berfokus pada fungsi konten di dalamnya sebagai alat promosi, branding, penjualan, layanan, atau kampanye. Dan pemilik website ini adalah SariWangi Group
3.  Apakah title home page website, susuaikah titile dengan content :
- SariWangi – Home, merupakan title home page website mari-bicara.com, dilihat dari home page content yang ditampilkan sudah sesuai dengan tujuan dari website dimana content mengarah kepada promosi produk dan hubungannya dalam keseharian dalam keluarga.
4. Keywords yang menempatkan website ini pada posisi ranking tinggi di google
- Berikut adalah beberapa keywords yang menempatkan website ini teratas di google
1. teh sariwangi 31.56%, 2. sariwangi 27.00%, 3. teh hangat 12.07% 4. sari wangi 4.24% 5. keluarga bahagia
5. Website termasuk model e-business apa? E-commerce/ non e-commerce :
- Website mari-bicara termasuk kategori e-commerce karena terdapat info dan promosi produk, website juga sangat interaktif bisa dilihat dari fitur member yang dimiliki.
6. Jenis website termasuk jenis brick & clik / pureplay :
- Termasuk jenis brick and click dimana model sebuah bisnis perusahaan yang terintegrasi baik offline dan online.
7. Apakah website ini hanya sebagai sarana promosi produk utama ? ataukah ada fungsi lain, memberikan online service via web misalnya :
- Ya, website ini adalah sarana promosi produk utama teh sari wangi disamping itu website juga mengelola member untuk bertukar informasi(services).
8. Adakah income langsung dari pengunjung web ? bila ada, pendapatan dari produk apa saja ? dapatkah pengunjung melakukan pembayaran online.
- Income langsung bisa berupa tindak lanjut dari interaksi produsen –konsumen misalnya dengan membeli produk promosi sesuai informasi mari-bicara.com selain itu juga terdapat berbagai macam kompetisi misalnya kompetisi berbagi surat. Dan secara sekilas belum ada transaksi langsung di website ini.
9. Fitur yang menarik dari website ini , apakah website ini uptodate
- Terdapat fasilitas pembuatan kartu ucapan dimana foto/avatar bisa diupload sendiri dan juga ucapan kata yang bisa di tambah sendiri. Foto yang dominan cerah ceria, juga terdapat article inspiratif dan tips. Website ini bisa dikategorikan uptodate.
10. Apakah anda mengetahui website ini sebelumnya ? bagaimana website ini melakukan promosi , apakah melalu e-marketing ? apakah cara tersebut efektif.
- Saya belum mengetahui website ini sebelumnya, promosi lewat media sosial berhasil dilakukan oleh website ini dimana membernya telah lebih dari 250.000 dan pastinya ini merupakan sarana paling efektif untuk memberikan informasi produk kepada konsumen.
11. Apakah website ini membangun / memelihara komunitas? Bila ya bagaimana konsepnya? Apakah social media digunakan untuk mengembangkan komunitas ?
- Ya, website ini memelihara komunitas dengan cara register member atau follow media sosial dari website ini. Konsepnya sederhana dengan cara berbagi inspirasi seperti cara menciptakan momen indah bersama keluarga, memberikan kuis/hadiah, kompetisi berbagi surat dan pastinya informasi produk.
12. Apa rekomendari untuk menyempurnakan strategi e-marketing website ini:
- Menurut saya pengunjung akan bertambah banyak seiring banyak nya variasi interaksi antara sari wangi dan konsumen, hal ini bisa diwujudkan dengan memperbanyak kuis dan event dan diinformasikan melalui website ini.
13. Apakah website ini akan bertahan lama (sustainable) ?
- Cukup sustainable melihat update informasi yang saya dapatkan hanya berselang beberapa jam yang lalu. Dan member yang bergabung sudah melebihi 250.000.
14. Sebutkan 1 website yang merupakan kompetitor utama website ini :
- PT. Gunung Slamat bisa dikatakan kompetitor utama dari sari wangi, dimana alamat websitenya adalah http://www.gunungslamat.com/. Sebenarnya kompetitor di segmen ini banyak seperti teh cap botol dan teh cap poci dan celup sosro. Namun saya belum menemukan microsite dari kompetitor yang sepadan dengan mari-bicara.com.
15. Lampirkan screenshot home page dari website ini :
-Berikut screenshot laman mari-bicara.com pada tanggal 12 september 2014.
clip_image004

0 comments:

Post a Comment