TUGAS AKHIR PART 1 of 4

PEMBANGUNAN APLIKASI PENGUNJUNG HOTEL
BERBASIS OBJECT ORIENTED DI HOTEL DE’QUR BANDUNG

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kelulusan Program Pendidikan Strata I
Pada Program Studi Teknik Informatika

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
“STMIK AMIKBANDUNG”

Disusun Oleh :
Ikhsan Saidi
1042008
clip_image002[4]


PROGRAM STUDI TEKNIK INORMATIKA
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
STMIK AMIKBANDUNG
BANDUNG
2012

Lembar Pengesahan
PEMBANGUNAN APLIKASI PENGUNJUNG HOTEL
BERBASIS OBJECT ORIENTED DI HOTEL DE’QUR
BANDUNG

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kelulusan Program Pendidikan Strata I Pada Program Studi Teknik Informatika

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
“STMIK AMIKBANDUNG”



Bandung, April 2012


Ketua Jurusan Tekni Informatika                                                                     Dosen Pembimbing

Tedjo Darmanto, MT.                                                                                         Tedjo Darmanto, MT.


“... Dan jangan kamu berputus asa dari Rahmat Allah, Sesungguhnya tiada berputus asa dari Rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir ” ( Yusuf : 87 )  



Jika hari berlalu dan saya tidak berkarya serta
mendapatkan ilmu, maka itu bukan kehidupanku
(Ibnu Qayyim)




“Semua impian-impian kita dapat menjadi nyata,
Jika kita memiliki keyakinan untuk mewujudkannya”.
(Walt Disney)

   








  Kupersembahkan Untuk
Kedua Orang Tuaku tercinta Jamaluddin , Drs., dan Yusmawati
Serta Kakak dan Adikku tersayang Eva Fitria dan Reza Fakhrurrazi


ABSTRAK 
               Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan, untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan minum, serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial. Sistem pendataan pada sebagian hotel saat ini masih menggunakan sistem manual sehingga rentan dengan kesalahan pada pendataan check-in, laporan bahkan pembayaran. Selain itu data pegawai dan tamu juga tidak tersimpan dengan baik apabila dibutuhkan analisa history dari data tersebut.
                Sebagai solusi permasalahan diatas, maka dibangun Aplikasi Hotel ini untuk memudahkan resepsionis dalam pendataan tamu check-in, data tamu, petugas, kamar, laporan bulanan dan pembayaran atau check-out. Dengan aplikasi ini data akan tersimpan dengan aman.
Metodologi penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah melalui wawancara dengan pegawai hotel. Dalam pengerjaan sistem ini fase pengembangan sistem yang digunakan yaitu waterfall  yang mana tahapannya dimulai dari survey sistem, analisis sistem, perancangan sistem, pembuatan sistem dan implementasi sistem. Program yang digunakan untuk membuat aplikasi ini yaitu Visual Basic.NET dengan SQL Server 2005 sebagai database, dan perancangan berdasarkan Object Oriented Program(OOP).
Dengan adanya aplikasi hotel ini, maka resepsionis hotel akan dimudahkan dalam melakukan prosses pencatatan tamu check-in, check-out, dan laporan bulanan dengan otomasisasi dan komputerisasi sehingga data lebih akurat.
Kata Kunci : Aplikasi Hotel, Data Check-in, Laporan Hotel


ABSTRACT
          Hotel is a type of accommodation that use part or all of the buildings, to provide lodging services, food and drink, and other services to the public, which are managed commercially. Data collection system in most hotels today still use manual system so prone to error at the check-in data collection, reporting and even payments. In addition the data of employees and guests are also not stored properly if needed history analysis of the data.
As a solution the above problems, it was built Hotel Application to facilitate receptionist to input the guest data collection, data room, staff, rooms, monthly reports and payments or check-out. With this application the data will be stored securely.
         Methods of research conducted by the authors is through interviews with Hotel employees. In this system work phases of system development used waterfall stage which stars from the survey system, system analysis, system design, manufacturing system and system implementation. This program being used Visual Basic.NETdengan SQL Server 2005 as database, and design based on Object Oriented Program (OOP).
        With the application of this hotel, the hotel receptionist will be facilitated in doing the recording prosses guest check-in, check-out, and monthly reports with automated and computerized so that more accurate data.
Keywords: Hotel Application, Check-in Data, Reports Hotel


KATA PENGANTAR
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.         
Segala puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT, atas berkah dan rahmat-Nyalah penulis dapat menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini. Dalam Laporan Tugas Akhir ini penulis menuliskan persoalan tentang pendataan Check-in, Check-out dan laporan bulanan pada hotel De’qur Bandung yang dilakukan di bagian Resepsionis .
Selesainya Laporan Tugas Akhir ini berkat bimbingan, masukan, bantuan, dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada :
1.  Bapak Bambang Eko Putranto, Drs., selaku ketua STMIK"AMIKBANDUNG" yang telah meemberikan sarana dan prasarana selama melakukan studi di STMIK"AMIKBANDUNG" .
2. Bapak Tedjo Darmanto, MT., selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan, pengarahan implementasi Tugas, dan masukan yang berharga selama penyusunan Laporan Tugas Akhir.
3.  Ayah dan Ibu yang tiada lelah dan tanpa henti memberikan dukungan moril maupun materiil, doa dan nasehat kepada penulis sampai saat ini, semoga Allah SWT selalu memberikan keberkahan, keselamatan, dan kesehatan.
4.  Ibu Santi sebagai pembimbing sekaligus pengarah aplikasi hotel berbasis komputerisasi di Hotel De’qur Bandung dan seluruh Staff Hotel yang telah memberikan banyak hal yang berjasa selama pengerjaan Tugas Akhir.
5.  Seluruh Staf Pengajar dan Dosen yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu  yang ada di STMIK"AMIKBANDUNG" yang telah mendidik dan mengarahkan penulis selama pendidikan.
6.  Terima kasih kepada kakak dan adikku yang senantiasa memberi  dukungan, hiburan, dan penyemangat bagi penulis.
7.  Seluruh teman – teman seperjuangan yang ada di STMIK"AMIKBANDUNG"  yang telah memberikan bantuan, saran dan kritik kepada penulis selama penulisan Tugas Akhir.
8.  Kepada Adi Rianu, Ilvan, Ami, Puspita, Kadek, Wayan, dan Nando yang selalu memberi support dan semangat sewaktu di rumah.

Akhir kata penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan doa, bantuan yang tulus bagi penulis sehingga penulis mampu menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini, semoga Allah SWT memberikan balasan pahala yang berlimpah atas seluruh kebaikan yang telah diberikan. Amin.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
                                                     Bandung, Maret 2012
                                                     Penulis


DAFTAR ISI
     ABSTRAK [i]
     ABSTRACT [ii]
KATA PENGANTAR [iii]
DAFTAR ISI [v]
DAFTAR GAMBAR [xi]
DAFTAR TABEL [xiv]
DAFTAR SIMBOL [xv]
BAB I PENDAHULUAN 1
1.1. Latar Belakang [1]
1.2  Identifikasi Masalah [2]
1.3  Batasan Masalah [3]
1.4  Maksud & Tujuan Perancangan Sistem [4]
1.5  Teknik Pengumpulan Data [5]
1.6  Metode Pengembangan Perangkat Lunak [6]
1.7  Jadwal Kegiatan [7]
1.8  Sistematika Penulisan [8]
BAB II LANDASAN TEORI [9]
2.1 Microsoft Visual Basic .NET [9]
2.1.1 Edisi Visual Basic 2005 [12]
2.1.2 Microsoft .NET Framework [14]
2.2  SQL Server 2005 [15]
2.3  Object Oriented Promramming ( OOP ) [21]
2.4  Konsep Dalam Pemrograman Objek [24]
2.5  Pengertian UML ( Unified Modeling Language ) [28]
2.6  Bagian-bagian UML [29]
2.6.1 View [29]
2.6.1.1  Use case view [30]
2.6.1.2  Logical view [30]
2.6.1.3  Component view [31]
2.6.1.4  Concurrency view [31]
2.6.1.5  Deployment view [31]
      2.6.2  Diagram [32]
2.6.2.1  Use Case Diagram [32]
2.6.2.2  Clas Diagram [32]
2.6.2.3  Component Diagram [33]
2.6.2.4  Deployment Diagram [33]
2.6.2.5  State Diagram [34]
2.6.2.6  Sequence Diagram [34]
2.6.2.7 Collaboration Diagram [34]
2.6.2.8  Activity Diagram [35]
2.7 Tujuan Penggunaan UML [35]
2.8 Rational Unified Process [36]
2.9 Pengertian Hotel [41]
BAB III ANALISIS SISTEM [46]
3.1 Tinjauan Organisasi [46]
3.1.1 Tentang Organisasi [46]
3.1.2 Visi dan Misi [47]
3.1.3 Struktur  Organisasi [48]
3.2  Analisis [49]
3.2.1 Sistem Saat Ini [49]
3.2.2 Analisis Kebutuhan Data [49]
3.2.3 Analisis Kebutuhan Informasi [50]
3.2.4 Analisis Kebutuhan Fungsional [50]
3.2.5 Analisis Prosedur Sistem Berjalan [51]
3.2.6 Analisis Prosedur Sistem Diusulkan [51]
3.3 Deskripsi Analisis [55]
3.3.1 Kegunaan Aplikasi [55]
3.3.2 Penggunaan Aplikasi [55]
3.3.3 Fitur Aplikasi [55]
3.4  Tabel Kebutuhan [56]
3.5  Pemodelan Data [60]
      3.5.1  Class Diagram [60]
3.5.2  Use Case Diagram [61]
3.5.3  Sequence Diagram [63]
3.5.4  Activity Diagram [64]
3.5.5  Deployment  Diagram [65]
3.5.6  Database Diagram [66]
3.6 Entity Relationship Diagram [67]
BAB IV PERANCANGAN SISTEM [68]
4.1 Perancangan Prosedur [68]
4.2 Sequence Diagram [69]
4.2.1 Sequence Login [69]
4.2.2 Sequence Kelola Data Petugas [70]
4.2.3 Sequence Kelola Data Kamar [71]
4.2.4 Sequence Kelola Data Tamu [72]
4.2.5 Sequence Kelola Data Check In [73]
4.2.6 Sequence Kelola Data Check Out [74]
4.2.7 Sequence Kelola Data Edit In [75]
4.2.8 Sequence Laporan Data Check In [76]
4.2.9 Sequence Laporan Data Check Out [77]
4.3  Struktur Menu [78]
4.4  Rancangan Antar muka [79]
4.4.1 Form Login [79]
4.4.2 Form Menu Utama [79]
4.2.3 Form Petugas [80]
4.2.4 Form Data Kamar [80]
4.2.5 Form Data Tamu [81]
4.2.6 Form Check In [82]
4.2.7 Form Check Out [83]
4.2.8 Form Edit In [84]
4.5  Rancangan Database [85]
4.5.1 Tabel Login [85]
4.5.2 Tabel Tamu [85]
4.5.3 Tabel Kamar [85]
4.5.4 Tabel Check In [86]
4.5.5 Tabel Check Out [86]
4.6  Relasi Tabel [87]
BAB V PERANCANGAN SISTEM [88]
5.1  Implementasi [88]
5.2  Lingkungan Implementasi [88]
5.3  Perangkat Implementasi [89]
5.3.1 Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) [89]
5.3.1 Spesifikasi Perangkat Lunak (Software) [90]
5.4  Batasan Implementasi [90]
5.5  Implementasi Program [91]
5.5.1 Implementasi Kelas (Class) [91]
5.5.2 Implementasi Database [94]
5.6  Implementasi User Interface [96]
5.6.1 Menu Login [96]
5.6.2 Menu Utama [99]
5.6.3 Menu Home [100]
5.6.3.1  Check-In [100]
2.6.3.2  Check-out [105]
2.6.3.3  Edit-in [106]
2.6.3.4  Log-off [108]
2.6.3.5  Hide [108]
2.6.3.6  Exit [108]
5.6.4 Menu Report [109]
5.6.4.1  Data Check-In [110]
5.6.4.2  Data Check-Out [111]
5.6.4.3  Tamu [111]
5.6.4.4  Petugas [112]
5.6.4.5  Kamar [112]
5.6.5 Menu Administrator [113]
5.6.5.1  Edit Data Petugas [113]
5.6.5.2  Edit Data Tamu [114]
5.6.5.3  Edit Data Kamar [116]
5.6.6 Menu View [117]
5.6.7 Menu Map [118]
5.6.8 Menu Help [120]
BAB VI PENGUJIAN [121]
6.1  Identifikasi dan Rencana Pengujian [121]
6.2  Hasil Pengujian [125]
BAB VII PENUTUP [129]
7.1  Kesimpulan [129]
7.2  Saran [130]



DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Halaman Utama Microsoft Visual Studio 2005 [11]
Gambar 2.2 Arsitektur Rational Unified Process[ 37]

Gambar 3.1 – Struktur Organisasi [48]
Gambar 3.2 - Mapping Sistem Hotel De’qur [54]
Gambar 3.3 - Class Diagram Aplikasi Hotel De’qur[60]
Gambar 3.4 - Use Case Diagram[61]
Gambar 3.5 - Sequence Diagram saat Administrator login[63]
Gambar 3.6 - Activity Diagram saat user login[64]
Gambar 3.7 - Deployment Diagram Aplikasi Hotel[65 ]
Gambar 3.8 – Entity Relationship Diagram[67]

Gambar 4.1 Sequence Login[69]
Gambar 4.2 Sequence Kelola Data Petugas[70]
Gambar 4.3 Sequence Kelola Data Kamar[71]
Gambar 4.4 Sequence Kelola Data Tamu[72]
Gambar 4.5 Sequence Kelola Data Check In[73]
Gambar 4.6 Sequence Kelola Data Check Out[74]
Gambar 4.7 Sequence Kelola Data Edit In[75]
Gambar 4.8 Sequence Laporan Data Check In[76]
Gambar 4.9 Sequence Laporan Data Check Out[77]
Gambar  4.10  Struktur Menu Aplikasi Hotel De’qur[78]
Gambar 4.11  Form Login[79]
Gambar 4.12  Form Menu Utama[79 ]
Gambar 4.13 – Form Petugas[80]
Gambar 4.14 – Form Kamar [80]
Gambar 4.15 – Form Tamu [81]
Gambar 4.16 – Form Check In [82]
Gambar 4.17 – Form Check Out [83]
Gambar 4.18 – Form Edit In [84]
Gambar 4.19 – Relasi Tabel[87]

Gambar 5.1 Form login Hotel De’Qur Bandung [97]
Gambar 5.2 message box “Login Sukses”[97]
Gambar 5.3 message box “Login Failed”[98]
Gambar 5.4 message box “user name and password empty”[98]
Gambar 5.5 Menu Utama[99]
Gambar 5.6 Menu check-in[101]
Gambar 5.7 Peringatan data kosong [102]
Gambar 5.8 message box “Guest id Already saved!”[102]
Gambar 5.9 message box “save changes”[103]
Gambar  5.10  message box “data has been save”[103]
Gambar 5.11  message box “Room has been update”[104]
Gambar 5.12  Menu Check-out [105 ]
Gambar 5.13  message box “Check-in id Found!”[106]
Gambar 5.14 Menu edit-in [107]
Gambar 5.15 Hide feature [108]
Gambar 5.16 Exit Application [109]
Gambar 5.17 Report check-in[110]
Gambar 5.18 Report Check-out [111]
Gambar 5.19 Report Tamu [111]
Gambar  5.20 Report Petugas [112]
Gambar 5.21  Report Data Kamar [112]
Gambar 5.22  form Edit Data Petugas [114 ]
Gambar 5.23  form edit Data Tamu [115]
Gambar 5.24 Message box “Guest id has been update”[115]
Gambar 5.25 form Edit Data Kamar [116]
Gambar 5.26 Message box “room has been delete”[117]
Gambar 5.27 View Deluxe [118]
Gambar 5.28 Lokasi hotel [119]
Gambar 5.29 About Program [120]


DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 Jadwal Penelitian[6]

Tabel 2.1 Daftar Komponen penyusun SQL Server 2005[16 ]
Tabel 2.2 Daftar Perbaikan Engine Database SQL Server[19]

Tabel 3.1 Deskripsi Kebutuhan Admin [56]

Tabel 4.1 Tabel Petugas (Login)[85]
Tabel 4.2 Tabel Tamu [85]
Tabel 4.3 Tabel Kamar[ 85]
Tabel 4.4 Tabel Check In [86]
Tabel 4.5 Tabel Check Out [86]

Tabel 5.1 Spesifikasi Perangkat Keras [89]
Tabel 5.2 Spesifikasi Perangkat Lunak [90]
Tabel 5.3 Implementasi Admin[91]
Tabel 5.4 Implementasi Operator[92]
Tabel 5.5 Implementasi Database [94]

Tabel 6.1 Identifikasi dan Rencana Pengujian [121]
Tabel 6.2 Hasil Pengujian [125]



DAFTAR SIMBOL
Use Case Diagram
 clip_image002[8]


Class Diagram
  clip_image004[4]

Activity Diagram
 clip_image006[4]


Sequence Diagram
 clip_image008[4]

Deployment Diagram
clip_image010[4] 

Context Diagram
SIMBOL
KETERANGAN
clip_image013[4]clip_image012[4]clip_image011[4]
clip_image014[4]
ARAH ALIRAN DOKUMEN
Menunjukan arah aliran dokumen antar bagian yang terkait pada suatu sistem
clip_image015[4]
DOKUMEN
Menujukan dokumen berupa dokument input / output
clip_image016[4]
PROSSES MANUAL
Manujukan proses yang dilakukan secara manual
clip_image017[4]
PROSSES KOMPUTER
Manujukan proses yang dilakukan secara komputer
clip_image018[4]
PENGHUBUNG
Menujukan penghubung aliran dokumen pada halaman yang berbeda
clip_image019[4]
PENGHUBUNG
Menujukan penghubung aliran dokumen pada halaman yang sama
clip_image020[4]
PENYIMPANAN MAGNETIK
Menujukan media penyimpanan data / informasi file pada prosses berbasis komputer. File dapat disimpan pada hardisk atau disket




BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Permasalahan

     Peranan komputer di era globalisasi sekarang ini sangat penting dalam pengolahan informasi, karena dengan pengolahan informasi yang berbasis komputer akan mampu menghasilkan informasi yang tepat, akurat, dan bermanfaat bagi suatu organisasi atau perusahaan.
     Pesatnya perkembangan bidang komputer dan aplikasi dapat dilihat dari bermunculannya produk-produk baru baik itu berupa hardware maupun software yang memiliki keunggulannya masing-masing yang kian hari semakin baik. Hal tersebut memacu sebagian orang untuk merancang suatu aplikasi untuk membantu mengoptimalkan sistem kerja disuatu perusahaan. Begitu juga dengan sistem yang ada diperhotelan, dibutuhkan suatu aplikasi yang memiliki kecerdasan dan kehandalan yang tinggi dalam dalam menjalankan transaksi, penyimpanan, dan pengolahan data pada hotel tersebut.
     Hotel De’Qur Bandung sendiri masih menggunakan sistem pendataan semi-manual dengan Microsoft Office yang tentunya tidak memiliki relasi antara satu data dengan data lainnya sehingga data yang sudah ada tidak dapat diolah lebih lanjut. Selain itu lingkup penanganan yang sebenarnya masih bisa secara komputerisasi tetapi tidak dicangkupi misalnya preview kamar kosong dan data petugas. Hal – hal tersebut tentunya bisa menjadi kendala seperti lambannya kerja resepsionis dalam menginputkan data pelanggan yang terpisah pisah karena tidak adanya relasi antar data, laporan bulanan yang kurang akurat dan prosses auditing sewaktu waktu sulit dilaksanakan.
     Untuk mengatasi persoalan diatas maka diperlukan suatu aplikasi perhotelan yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam pendataan baik itu Check-in maupun Check-out pengunjung hotel sampai dengan rekapitulasi laporan bulananya.
     Aplikasi Hotel yang dirancang dengan Visual Basic.Net dan menggunakan Database MS.SQL Server ini bisa mejawab salah satu persoalan di Hotel De’Qur, dimana dengan aplikasi ini nantinya Resepsionis dapat mencatat data petugas, menginputkan, menyimpan data pengunjung yang Check-in hingga transaksi ketika Check-out secara cepat dan juga mendapat laporan bulananya secara tepat dan akurat.



1.2             Identifikasi Masalah

      Sistem pendataan pada sebagian hotel saat ini masih menggunakan sistem manual, khususnya pada beberapa hotel berbintang empat atau dibawahnya. Resepsionis harus menginputkan data ke suatu sheet ketika ada pengunjung hotel yang akan melakukan Check-in, begitu juga pada saat pengunjung Check-out. untuk laporan bulanan biasanya masih menggunakan perhitungan manual melalui paper/sheet yang sudah terisi. Dari keadaan diatas dapat disimpulkan bahwa proses penyimpanan dan pengolahan data pengunjung hotel tersebut tidak efisien terhadap waktu. Untuk itu kita memerlukan suatu sistem aplikasi penyimpanan dan pengolahan data pengunjung yang otomatis dan tidak menyita waktu terlalu banyak.

1.3             Batasan Masalah

      Penerapan aplikasi ini tentu akan sangat kompleks dan rumit bila harus memenuhi semua kriteria dari beberapa aspek sekaligus. Agar pembuatan aplikasi Hotel De’Qur ini mencapai sasaran yang jelas dan karena keterbatasan kemampuan penulis, adapun batasan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut:
1.       Aplikasi ini hanya menyimpan data transaksi dari proses Check-in dan Check-out pengunjung hotel beserta laporan bulanan dan tahunan.
2.      Aplikasi ini digunakan hanya untuk keperluan Resepsionis dalam menyimpan dan mengelola data pengunjung, tidak termasuk perhitungan/transaksi sub bagian hotel lainnya seperti restaurant dan sarana lainnya.
3.      Perhitungan lebih lanjut dari hasil rekapitulasi dilakukan oleh pihak acconting hotel, oleh karena itu aplikasi ini tidak menerapkan perhitungan lebih lanjut hasil rekapitulasi bulanan hotel.




1.4      Maksud Dan Tujuan Perancangan Sistem
             
              Dengan melihat permasalahan di Hotel De’Qur maka adapun:
a.       Maksud :

1.        Untuk merancang dan membuat sebuah aplikasi perhotelan yang memudahkan dalam penginputan dan  penyimpanan data pengunjung hotel.
2.      Memudahkan pegawai hotel De’Qur dalam mengelola dan mengetahui tingkat hunian hotel perbulan atau pertahun dari rakapitulasi laporan hotel

b.       Tujuan :

1.        Terhindar terjadinya kesalahan dalam prosses pendataan dan jumlah pendapatan bulanan maupun tahunan.
2.        Membantu dan mempercepat prosses penginputan data pengunjung, percetakan kwitansi untuk pengunjung hotel.
3.        Diharapkan dengan aplikasi ini dapat meningkatkan pelayanan lainnya dan kenyamanan yang didapatkan oleh pelanggan dan mendapatkan fasilitas yang memuaskan.

1.5   Teknik Pengumpulan Data

1.         Wawancara adalah teknik pengumpulan data dengan cara mendapatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada pegawai. Adapun penulis dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara langsung dengan menggunakan daftar pertanyaan.
2.         Observasi adalah teknik pengumpulan data yang didefinisikan sebagai pengamatan sistematis berkenaan dengan perhatian terhadap fenomena-fenomena yang nampak.
3.         Studi literature berupa pengumpulan bahan pustaka  dan pemanfaatan media internet.

1.6   Metode Pengembangan Perangkat Lunak

Dalam membangun sistem penjualan dan pembelian barang, metode dalam pengembangan perangkat lunak yang penulis gunakan adalah model Waterfall yaitu suatu metode pengembangan software yang bersifat sekuensial dan terdiri dari 5 tahap yang saling terkait dan mempengaruhi, diantaranya : Analisa Kebutuhan, Desain Sistem, Penulisan kode Program, Pengujian Program, dan Penerapan Program.




1.7    Jadwal Penelitian

      Tempat Penelitian dilakukan di Hotel De'qur jalan Dipati Ukur Bandung dari bulan November 2011 sampai dengan Februari 2012.
Tabel 1.1 Jadwal Penelitian

 clip_image002[10]



1.8  Sistematika Penulisan

      Sistematika penulisan adalah berisi uraian singkat setiap bab, mulai dari    BAB I hingga ke- BAB V, dimana uraian ini memberikan gambaran secara langsung tentang isi dari tiap-tiap bab yang ada dalam laporan ini. Adapun sistematika penulisan laporan proyek akhir adalah sebagi berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini membahas tentang Latar belakang Permasalahan, Identifikasi Persoalan, Batasan Masalah, Maksud dan Tujuan Perancangan Sistem, serta Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini membahas tentang teori-teori yang berhubungan dengan teori yang ada dalam laporan, antara lain yaitu; Tentang microsoft .Net, Pengertian .Net Framework, Visual Basic 2005 atau VB .Net, Sql Server 2005 dan metedolongi yang digunakan dalam perancangan aplikasi tersebut, dll.

BAB III ANALISIS SISTEM
Bab ini menjelaskan tentang analisis kebutuhan user untuk membuat suatu aplikasi pengolahan data.



BAB IV PERANCANGAN SISTEM

Bab ini menjelaskan tentang perancangan perangkat Lunak tersebut dengan menggunakan diagram-diagram UML.
BAB V IMPLEMENTASI
Bab ini membahas tentang rencana implementasi, lingkup dan batasan implementasi, dan kebutuhan implementasi.
BAB VI PENGUJIAN
Bab ini menjelaskan tahap-tahap pengujian pada perangkat lunak yang sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan user.
BAB VII KESIMPULAN & SARAN
Bab ini berisi tentang kesimpulan yang diperoleh dari pelaksanaan skripsi dan penyusunan laporannya serta pemberian saran yang diperlukan sehubungan dengan penggunaan atau pengembangan sistem.
DAFTAR PUSTAKA
Berisi informasi mengenai sumber-sumber yang digunakan dalam penyusunan skripsi.
LAMPIRAN
Berisi lampiran-lampiran yang melengkapi pengembangan sistem.
Dapatkan Source Code Hanya $9.9

Tags : Contoh Format Tugas Akhir Skripsi

0 comments:

Post a Comment