Portfolio Program

APLIKASI HOTEL DE’QUR BANDUNG

 clip_image002[4]
Oleh
Ikhsan Saidi

Alamat :
Jalan Bagusrangin I No. 54 Kec.Coblong
Kota Bandung

HP. 081 377 345 321
E-Mail : ihsan_unggul@yahoo.com


APLIKASI HOTEL DE’QUR

Tentang Software Aplikasi
Software aplikasi ini adalah program yang dibuat untuk memenuhi kebutuhuan dalam proses check-in, check-out dan laporan bulanan.

Maksud Dan Tujuan Perancangan Sistem

Maksud :

·      Membuat sebuah aplikasi perhotelan yang memudahkan resepsionis dalam penginputan dan  penyimpanan data pengunjung hotel.
·      Memudahkan pegawai hotel dalam mengelola dan mengetahui tingkat hunian hotel perbulan atau pertahun dari rakapitulasi laporan hotel

Tujuan :

·      Terhindari terjadinya kesalahan dalam prosses pendataan dan jumlah pendapatan bulanan maupun tahunan.
·      Membantu dan mempercepat prosses penginputan data pengunjung, percetakan kwitansi untuk pengunjung hotel.

Output
Informasi yang dapat disajikan dalam software ini adalah sebagai berikut :
·         Struk/Kwitansi Tamu
·         Laporan Data Tamu
·         Pengecekan Kamar Kosong Otomatis
·         Statistik Pengunjung Hotel
·         Preview Data Hotel

Output laporan disediakan Multi Periode, yaitu satu laporan mencakup beberapa periode.

Fasilitas
·         Mudah digunakan, karena proses kerja rutinitas adalah input data check-in dan transaksi.
·         Pencarian terhadap kamar kosong  berdasarkan tipe dan status “kosong/terisi” sangat mudah hanya dengan filetriasasi data.
·         Dapat meng-costumize aplikasi sesuai yang diinginkan.


CONTOH TAMPILAN
APLIKASI HOTEL DE’QUR

Form Login
Login merupakan tampilan pertama kali yang muncul dari Aplikasi Hotel De’qur ketika user menjalankan program. Dimenu ini user diharuskan meng-input username dan password. Apabila username dan password sesuai, maka akan muncul MessageBox sukses, lalu user bisa melanjutkan ke menu utama. Kalau tidak, maka akan muncul MessageBox error dan apabila menekan tombol login tetapi tidak mengisi TextBox maka akan muncul MessageBox error juga. Disini juga terdapat tombol keluar yang berfungsi akan keluar dari aplikasi.
 clip_image004[4]
Menu Utama
Menu Utama merupakan tampilan aplikasi setelah user login. Disini disediakan dua pilihan menu yaitu menu yang ada pada menu strip(on top) dan menu yang langsung ada di tampilan form menu utama. User bisa memulai untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan menu yang ada di beberapa menu strip atau langsung ke menu yang ada di tampilan form utama.
clip_image005[4]

Form Check In
Di form ini user akan menginput data tamu terlebih dahulu diantaranya yaitu Nama, id tamu, alamat, kota/kecamatan, dan nomor telepon kemudian user menekan tombol save untuk menyimpan data tamu. Jika data salah satu kolom tidak terisi maka akan muncul pesan kepada user bahwa data tidak boleh kosong. clip_image007[4]
 Form Check-out
Untuk melakukan check-out, user akan menekan tombol check-out pada menu strip(on top) atau ditengah layar kemudian form seperti ini akan mucul. Yang harus dilakukan user adalah memilih kamar tamu yang hendak check-out kamudian menekan tombol search untuk mendapatkan datanya. Jika data yang dicari didapat maka akan muncul pesan “Data Found” Setelah mendapatkan data, user akan menginput sisa bayar sewa kamar oleh tamu. User memasukkan nominalnya kemudian menekan tombol save untuk menyimpan transaksi.
clip_image009[4]

Form Data Petugas
Menu Edit Data Petugas Hotel merupakan menu yang berhubungan dengan login ke aplikasi dan pengeditan data – data petugas hotel. Untuk memulai meng-input data petugas, user diharuskan menekan tombol “New” setelah itu baru meng-input-kan data. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, pilih data yang ada di list view. Setelah data dipilih lalu tekan tombol “Delete” untuk menghapus atau tekan tombol “Edit” untuk meng-edit. Jika petugas yang bersangkutan memiliki photo file, user dapat menambahkannya dengan menekan tombol browsing. Berikut tampilan menu edit data petugas.         
clip_image011[4]
Form Data Kamar
Menu Edit Data Kamar Hotel merupakan menu pengeditan data – data kamar hotel yang sudah diinputkan ketika pertama kali program dijalankan, form ini berfungsi untuk mengapdate tipe kamar, nomor kamar, harga dan status kamar jika diperlukan. Jika user ingin  meng-input data kamar, user diharuskan menekan tombol “New” setelah itu baru meng-input-kan data di kolom yang sudah tersedia. Apabila user telah selesai meng-input maka tekan tombol “Save” untuk menyimpan. Apabila akan menghapus atau meng-edit data, search data nomor kamar yang ingin di-edit kemudian edit data di kolomnya masing-masing setelah itu tekan tombol “update”. Berikut form edit data kamar :
 clip_image013[4]
Laporan Data Transaksi / Check Out
clip_image015[4] 

Kwitansi Tamu

clip_image017[4] 
# Contoh Tampilan Lain untuk Statistik dan Kwitansi/Struk
clip_image019[4]
clip_image021[4]

0 comments:

Post a Comment