Ask About Programming


Pada awal masuk kuliah aku sempat bertanya2 tentang peluang didunia programming, sehingga sering membeli buku paduan. nahh disalah satu buku paduan penulis menyatakan bahwa jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan lewat email akan dimana penjelasan yang masih kurang tersampaikan., maka aku berinisiatif untuk bertanya., berikut beberapa pertanyaan yang sempat aku konsul sama developer tamatan itb tersebut :


--- On Sun, 3/29/09, ihsan saidi <ihsan_unggul@yahoo.com> wrote:

From: ihsan saidi <ihsan_unggul@yahoo.com>
Subject:
To: Rosa_if_itb_01@yahoo.com
Date: Sunday, March 29, 2009, 6:43 PM

Wow. . . mudah banget !!!kata itu yang terucap setelah membaca buku pemrograman C++ dan Java dari nol menjadi andal.dari sekian bab yang ada di buku hanya bab senarai Lish, pointer , dan stack yang sangat susah saya pahami sebagai pemula!, ditambah lagi dengan dosen saya yang jadwal terbang’a blon tinggi.jadi saya ingin menanyakan bebrapa point mengenai hal tsb:
1. sejauh mana/sepenting apa bab tersebut(pointer,stack queue,dan lish) dalam praktek pembuatan aplikasi.

2. Bagaimana memahami struktur data dengan mudah(inti pembelajarannya!?). . .

3. Ada g’, situs2 yang sering di Browse oleh programmer andal seperti anda yang mungkin dapat saya Browse(tutorial,e book)

4. Software apa yang serinng anda pakai sebagai software engineer!?

5. Bisakah anda cerita  sedikit saja contoh2 masalah yang anda selesaikan sehari hari. Dengan begitu saya sedikit tau masa depan saya jika bergelud di bidang ini.

6. Menurut anda sebesar mana peluang kerja di jurusan aplikasi ini,saya melihat sepertinya gak ada kepuasan dlm bidang ini(full coding),tidak seperti grafic design (full colour) Sebelumnya kenalkan saya seorang mhsiswa di universitas swasta di bandung, jurusan aplikasi, semester II dan  belajar software VB, C#, Java, C++,m- ACCes, SQL server, Power Designer, dan m-Visio!sedikit ilmu yang anda berikan sangat berharga bagi saya!!!
Terima kasih atas jawabannya! Salam sukses. . .

Jawaban dari developer :
1. Penting untuk membuat struktur data di dalam aplikasi. Misal ada aturan main sebuah data yang diproses harus sesuai dengan urutan antrian yang masuk pertama harus diproses. Misal untuk aplikasi pembelian barang secara online maka user yang pertama masuk harus masuk kedalam atrian (queue) yang pertama untuk diproses lebih dulu.

2. Smua orang memiliki pola pikir berbeda termasuk dengan pengertian yang mudah dimengerti bagi dirinya sendiri. Kalau saya biasanya membayangkan kasus nyata kalau misal list itu seperti gerbong kereta api, antrian seperti orang mengantri.

3. Mmmm, saya bukan pengguna setia sebuah situs, saya suka membaca yang menambah pengetahuan dan cari dari Mbah Google. Mmmm sebenarnya programmer Andal bagi saya bukan programmer yang pinter (orang pinter tidak pandai menjelaskan ke orang lain) tapi programmer yang banyak belajar dari kegagalan.

4. Saya suka menggunakan yang freeware untuk menghargai profesi IT selama ada freeware yang bisa digunakan maka saya akan pake freeware, tapi jika terpaksa saya tidak naif maka saya akan pake bajakan atau membeli jika lisensinya murah/sesuai kantong.

5. Dulu saya pernah bekerja setahun di sebuah anak perusahaan korea. Setiap hari mengerjakan proyek-proyek perangkat lunak yang akan dibuat oleh kantor saya dulu. Lalu saya beralih menjadi pekerja serabutan seperti menulis buku (bisa membantu orang dengan ilmu), melanjutkan kuliah S2, mengajar (membantu orang dengan ilmu), membuat dan memelihara software sendiri (coba-coba), masuk ke proyek perangkat lunak yang dikasih teman, atau diajak dosen ikut proyeknya (mengasah kemampuan dan untuk makan :D).
Keuntungan pekerjaan ikut sebuah perusahaan adalah setiap bulan Anda bisa mendapat Gaji tetap dan selalu ada, tapi jumlahnya selalu segitu (mungkin naik setiap tahunnya), dan waktu Anda akan banyak terbuang untuk ngantor (saya dulu sering ngelembur sampai subuh, dan masuk lagi jam 8 pagi, jadinya tidur kantor). Jika menjadi pegawai lepas (freelancer) serabutan seperti saya sekarang, Anda dapat lebih mengatur waktu Anda, dan uang dari proyek biasanya jauh lebih besar dan bisa dikerjakan di rumah, tapi tidak enaknya jika sedang tidak ada proyek, bisa jadi tidak akan dapat pendapatan. Semua adalah pilihan hidup. Mungkin juga Anda bisa tidak disiplin ilmu, misal jadi pegawai bank. Masih banyak jalan menuju Roma.

6. Hidup adalah pilihan, nyatanya sampe sekarang saya masih bisa makan :D hidup di full coding. Full desain juga bagus, masalahnya kalau saya kemampuan saya lebih cenderung ke koding bukan desain, nanti kalau masuk desain bisa gila orang-orang yang ngasih saya proyek soalnya semua tidak enak dipandang mata :D. Kita harus buat bisa menikmati pekerjaan kita sesuai hidup yang kita pilih agar tidak banyak stres.

Hidup hanya sekali buatlah hidup menyenangkan dan bermanfaat untuk banyak orang :).

Semoga bermanfaat.


Rosa Ariani Sukamto
Magister Student at STEI ITB
NIM: 23507024

Occupation: lecturer, programmer, writer (freelancer)

alt Tags : tentang dunia pemograman

0 comments:

Post a Comment